Aktivitas belajar siswa dengan media flipbook hubungannya dengan hasil belajar Pendidikan Agama Islam: Penelitian pada siswa kelas XI IPS SMAN 24 Kota Bandung

Nur, Ahmad Mujahidin (2022) Aktivitas belajar siswa dengan media flipbook hubungannya dengan hasil belajar Pendidikan Agama Islam: Penelitian pada siswa kelas XI IPS SMAN 24 Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (144kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31kB) | Request a copy

Abstract

Awal pembelajaran masih dilaksanakan daring (dalam jaringan) berdasarkan kebijakan pemerintah. Sehingga menuntut para guru untuk berkreasi dalam penggunaan media pembelajaran. Media pembelajaran adalah suatu hal yang sangat penting didalam pembelajaran. Sehingga guru harus memiliki media pembelajaran yang cocok dan menarik agar para siswa tidak jenuh saat pembelajaran berlangsung. Salah satu media pembelajaran yang dapat dipertimbangkan di masa kini adalah media flipbook atau digitalbook. Penggunaan media digital ini akan menciptakan daya tarik tersendiri pada peserta didik dan juga akan menimbulkan semangat belajar dalam dirinya. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui hubungan antara aktivitas belajar siswa dengan media flipbbok dengan hasil belajar Pendidikan Agama Islam di kelas XI IPS SMAN 24 kota Bandung dengan rumusan masalah (1) Bagaimana realitas aktivitas belajar siwa dengan media flipbook di kelas XI IPS SMAN 24 kota Bandung? (2) Bagaimana hasil belajar siswa di kelas XI IPS SMAN 24 kota Bandung? (3) Bagaimana hubungan antara aktivitas belajar siwa dengan media flipbook dengan hasil belajar Pendidikan Agama Islam di kelas XI IPS SMAN 24 kota Bandung?. Media Flipbook adalah media yang disusun secara sistematis, berisikan materi berupa obyek, suara, maupun teks yang kemudian disajikan dalam format digital yang didalamnya memiliki unsur multimedia sehingga penggunanya lebih interaktif. Media Flipbook ini mudah digunakan baik oleh guru ataupun peserta didik, juga dapat digunakan pada pembelajran dalam jaringan (daring) ataupun luar jaringan (luring). Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi, teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi, dengan teknik analisis data menggunakan analisis uji korelasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) aktivitas belajar siwa dengan media flipbook di kelas XI IPS SMAN 24 Bandung diperoleh rata-rata sebesar 49.09375 berada pada rentang 39,2 – 58,6 mendapat kategori sedang. (2) pada hasil belajar PAI diperoleh mean sebesar 63.890625 berada pada rentang 61 - 68 mendapat kategori sedang. (3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara aktivitas belajar siswa dengan media flipbook dengan hasil belajar Pedidikan Agama Islam pada siswa kelas XI IPS SMAN 24 kota Bandung, koefisien korelasi termasuk kategori sangat kuat dan hubungan antara variabel X dengan variabel Y yaitu aktivitas belajar siswa dengan media flipbook dengan hasil belajar Pendidikan Agama Islam bersifat positif dan searah, karena koefisien korelasi bernilai positif yaitu sebesar 0,9. dan koefisien determinasi sebesar 81%. Hipotesis diterima berdasarkan pada nilai t hitung lebih kecil dari t tabel dengan taraf signifikansi 5%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Belajar; Flipbook; Hasil Belajar
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ahmad Mujahidin Nur
Date Deposited: 03 Oct 2022 04:34
Last Modified: 03 Oct 2022 06:05
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/58579

Actions (login required)

View Item View Item