Manajemen pembelajaran berbasis Blended Learning dan hubungannya dengan efektivitas pembelajaran: Penelitian di Madrasah Aliyah Negeri se-Kabupaten Majalengka

Ratnawati, Merli (2022) Manajemen pembelajaran berbasis Blended Learning dan hubungannya dengan efektivitas pembelajaran: Penelitian di Madrasah Aliyah Negeri se-Kabupaten Majalengka. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (356kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (363kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (453kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (677kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (757kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh keberadaan manajemen pembelajaran berbasis blended learning yang belum sepenuhnya dilakukan secara optimal dikarenakan terdapat beberapa guru yang kurang kompeten dalam penggunaan teknologi informasi. Selain itu, pada masa pandemi kerika pembelajaran dilakukan secara online, guru hanya memberikan tugas kepada siswa tetapi sebagian siswa lalai dalam mengerjakan tugasnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Pembelajaran berbasis blended learning di Madrasah Aliyah Negeri Se-Kabupaten Majalengka; 2) Efektivits pembelajaran di Madrasah Aliyah Negeri Se-Kabupaten Majalengka; dan 3) Hubungan antara manajemen pembelajaran berbasis blended learning dengan efektivitas pembelajaran di Madrasah Aliyah Negeri Se-Kabupaten Majalengka. Strategi yang dapat dilakukan dalam manajemen pembelajaran yaitu; 1) Strategi pengorganisasian pembelajaran (organizational strategy); 2) Strategi penyampaian pembelajaran (delivery strategy); dan 3) Strategi pengelolaan pembelajaran (management strategy). Selain itu, keberhasilan pembelajaran berbasis blended learning dapat dilakukan dengan beberapa pendekatan yaitu; 1) Kebutuhan; 2) Skala waktu; 3) Gaya belajar; 4) Potensi penggunaan sistem blended learning; 5) Tujuan pembelajaran; 6) Proses pembelajaran blended learning; 7) Dukungan pembelajaran; dan 8) Evaluasi proses pembelajaran. Begitupun dengan efektivitas pembelajaran terdiri dari ebberapa indikator yaitu; 1) Bakat (aptitude); 2) Kemampuan memahami instruksi (ability to understand); 3) Ketekunan (perseverance); 4)Peluang (opportunity); dan 5) Kualitas instruksi (quality of instructions). Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kuantitataif dengan metode deskriptif korelasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket/kuesioner. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu uji instrument penelitian (uji keterbacaan, validitas, dan reliabilitas), analisis statistic inferensial (analisis parsial perindikator, interpretasi variabel), analisis korelasi (uji normalitas data, uji linieritas data), uji koefisien korelasi, dan uji determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pembelajaran berbasis blended learning dengan efektivitas pembelajaran memiliki korelasi dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang berarti adanya hubungan sinifikan antara manajemen pembelajaran berbasis blended learning dengan efektivitas pembelajaran di Madrasah Aliyah Negeri Se-Kabupaten Majalengka. Kemudian diperoleh hasil koefisien korelasi sebesar 0,366 memiliki tingkatan rendah karena terdapat pada kategori 0,20 – 0,399 dengan arah hubungan positif. Nilai koefisien determinasi (R Square) memperoleh presentase sebesar 13,4% yang berarti pengaruh manajemen pembelajaran berbasis blended learning dengan efektivitas pembelajaran di Madrasah Aliyah Negeri Se-Kabupaten Majalengka sangat rendah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Blended Learning; Efektivitas Pembelajaran
Subjects: Education
General Management > Education, Research of Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Merli Ratnawati
Date Deposited: 29 Sep 2022 07:27
Last Modified: 30 Sep 2022 02:14
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/58562

Actions (login required)

View Item View Item