Pendidikan karakter di madrasah: Penelitian di MTs Inovatif Daarul Ihsan Cimahi

Sovian, Sovian (2022) Pendidikan karakter di madrasah: Penelitian di MTs Inovatif Daarul Ihsan Cimahi. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_KOP.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (401kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh maraknya kasus-kasus negatif yang terjadi dikalangan remaja khususnya Indonesia. Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menunjukkan data bahwa angka kerusuhan siswa sekolah di Indonesia semakin meningkat setiap tahunnya. Hal tersebut menjadikan peneliti khawatir pada perkembangan generasi bangsa dimasa depan sehingga dalam hal ini lembaga pendidkan diharapkan lebih memperhatikan pentingnya pendidikan karakter para peserta didiknyanya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengidentifikasi manajemen Pendidikan karakter di MTs Inovatif Daarul Ihsan Cimahi. Penelitian ini dilakukan dengan cara pendekatan kualitatif metode deskriptif. Adapun untuk pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi, display hingga verifikasi, dan terakhir data di absahkan melalui triangulasi sumber maupun triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa pendidikan karakter di MTs Inovatif Daarul Ihsan Cimahi memiliki konsep pengintegrasian kedalam mata pelajaran, program muatan lokal dan pengembangan diri. Adapun pada implementasinya MTS Inovatif Daarul Ihsan Cimahi menerapkan 18 nilai-nilai karakter yang sudah diidentifikasi oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. Melalui model integrasi ini maka semua guru adalah pengajar pendidikan karakter. Nilai-nilai karakter yang diitegrasikan berjumlah delapan belas yang sudah diidentifikasi oleh kementrian pendidikan nasional, lalu di integrasikan pada setiap mata pelajaran, muatan lokal dan pengembangan diri. Nilai yang diintegrasikan pada mata pelajaran di kembangkan melalui pengembangan silabus dan RPP pada kompetensi yang telah sesuai dengan nilai karakter yang diharapkan. Muatan lokal difokuskan pada penanaman nilai karakter bahasa Sunda, dan pengembangan diri difokuskan pada pembiasaan, ekstrakurikuler dan bimbingan konseling.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan; Karakter; Madrasah
Subjects: Education
Education > Research and Statistical Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Sovian Sovian
Date Deposited: 30 Sep 2022 02:49
Last Modified: 30 Sep 2022 02:49
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/58559

Actions (login required)

View Item View Item