Aplikasi model bimbingan agama Islam dengan metode Dauroh Tahfiz dalam upaya membangun kepribadian santri : Penelitian di Pesantren Persatuan Islam 67 Benda Kelurahan Nagarasari Kecamatan Cipedes Kabupaten Tasikmalaya

Fauzi, Nisrina Tahani (2022) Aplikasi model bimbingan agama Islam dengan metode Dauroh Tahfiz dalam upaya membangun kepribadian santri : Penelitian di Pesantren Persatuan Islam 67 Benda Kelurahan Nagarasari Kecamatan Cipedes Kabupaten Tasikmalaya. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (185kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya program dauroh tahfiz yang menjadi salah satu kegiatan rutin setiap tahunnya di pesantren ini. Perkembangan dari program dauroh dari tahun ke tahun pastinya menghasilkan kenaikan jumlah hafalan santri. Meski begitu, perlu diketahui juga, apakah dauroh Al-Qur’an juga berhasil menjadi metode untuk membangun kepribadian santri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program, proses dan hasil yang dicapai dalam kegiatan bimbingan agama dengan metode dauroh tahfidz untuk membangun kepribadian santri di Pesantren Persatuan Islam 67 Benda Kota Tasikmalaya. Penelitian ini didasari oleh konsep bimbingan agama yaitu proses pemberian bantuan secara terus menerus terhadap individu atau kelompok agar dalam kehidupan keagamaannya senantiasa selaras dengan ketentuan dan petunjuk Allah, sehingga dapat mencapai kebahagiaan hidup di dunia dan diakhirat. Nilai religius yaitu nilai pembentuk karakter yang sangat penting artinya. Manusia yang berkarakter yaitu manusia yang religius, serta nilai-nilai kehidupan yang mencerminkan tumbuh kembangnya kehidupan beragama yang terdiri dari tiga unsur pokok yaitu aqidah, ibadah dan akhlak yang menjadi pedoman perilaku sesuai dengan aturan-aturan ilahi untuk mencapai kesejahteraan serta kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, dan wawancara terhadap santri kelas takhosus yaitu yang memiliki hafalan paling banyak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya program Dauroh Tahfiz di Pesantren Persatuan Islam 67 Benda tersebut mampu memberikan perubahan dan membentuk kepribadian santri sebelum dan sesudah adanya program dauroh tahfiz ini. Kepribadian santri yang menjadi tolak ukur adalah kepribadian islami yang berkaitan dengan nilai-nilai agama dan kualitas diri.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan agama; dauroh tahfiz al quran; kepribadian santri
Subjects: Education, Research
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Milda Septiani
Date Deposited: 30 Sep 2022 02:59
Last Modified: 30 Sep 2022 02:59
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/58556

Actions (login required)

View Item View Item