Kultur sekolah adiwiyata dalam penguatan nilai karakter siswa pada pembelajaran di kelas IV

Khaerunnisa, Syifa (2022) Kultur sekolah adiwiyata dalam penguatan nilai karakter siswa pada pembelajaran di kelas IV. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (549kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (464kB) | Request a copy

Abstract

Kultur merupakan bagian penting yang menjadi ciri khas dalam setiap sekolah. Kultur adiwiyata merupakan program pemerintah yang diberikan kepada sekolah yang memenuhi kualifikasi sesuai dengan ketentuan. Setiap sekolah pasti memiliki kultur yang berbeda, sehingga karakter yang muncul pada siswa akan berbeda antara satu sekolah dengan sekolah yang lain. Perbedaan tersebut terlihat dari sikap siswa di SDIT Al Mumtaz yang mau membuang sampah milik orang lain. Hal tersebut yang melatarbelakangi penelitian ini. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan implementasi kultur sekolah adiwiyata di SDIT Al Mumtaz, mendeskripsikan nilai-nilai karakter siswa dalam pembelajaran yang ditanamkan melalui kultur sekolah adiwiyata di kelas IV, dan mendeskripsikan kultur sekolah adiwiyata dalam menguatkan nilai-nilai karakter siswa melalui pembelajaran di kelas IV. Penelitian ini dirancang menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif dengan teknik pengumpulan datanya wawancara, observasi, dokumentasi, dan angket. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu: (1) Pengimplementasian kultur sekolah adiwiyata di SDIT Al Mumtaz sesuai dengan peraturan menteri lingkungan hidup yang edukatif, partisipatif, dan berkelanjutan. Hal tersebut diimplementasikan melalui program ASSIK dengan singkatan Ambil Sampah Simpan Ke tempatnya. Program tersebut mampu menjadi budaya sekolah karena terus dilaksanakan dan diingatkan setiap kali ada kesempatan. (2) Karakter kerja keras merupakan salah satu dari 18 karakter yang ada dalam diri siswa sesuai dengan Peraturan Presiden No 87 Tahun 2017. Karakter kerja keras tersebut yang kurang terlihat ada dalam diri siswa karena siswa masih menyesuaikan setelah pandemi. Meskipun demikian, ke-17 karakter lainnya sudah ada dalam diri siswa tinggal penguatannya yang harus tetap dijaga agar tetap ada dalam diri siswa. (3) Pada proses penguatan nilai karakter siswa kelas IV dalam kultur sekolah adiwiyata yaitu SDIT Al Mumtaz sudah berwawasan alam yang tercantum dalam visinya. SDIT Al Mumtaz memang dirancang untuk menjadi sekolah yang lingkungannya asri dan nyaman untuk siswa. Sehingga, berwawasan alam ini menjadikan kultur adiwiyata yang mengambil peran dalam menguatkan nilai-nilai karakter yang ada pada siswa, khususnya di kelas IV

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kelas IV; Kultur Adiwiyata; Nilai Karakter; Pembelajaran
Subjects: Differential and Developmental Psychology > Character Development
Culture and Institutions
Elementary Education > Elementary School
Elementary Education > Elementary Education in Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Syifa Khaerunnisa
Date Deposited: 29 Sep 2022 06:37
Last Modified: 29 Sep 2022 06:37
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/58554

Actions (login required)

View Item View Item