Pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui optimalisasi pengelolaan sumber daya air : Penelitian di Desa Pasanggrahan Kecamatan Kasomalang Kabupaten Subang

Fu'adah, Nita (2022) Pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui optimalisasi pengelolaan sumber daya air : Penelitian di Desa Pasanggrahan Kecamatan Kasomalang Kabupaten Subang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (170kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (372kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (934kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB) | Request a copy

Abstract

Desa Pasanggrahan mengelola sumber daya air secara optimal hingga menjadi destinasi wisata yang terdiri dari Sumber Mata Air Cimincul, Sumber Mata Air Cipondok dan Curug Masigit. Banyaknya destinasi wisata mampu menjadikan Desa Pasanggrahan dinobatkan sebagai desa wisata. Keindahan setiap destinasi wisatanya mampu mendatangkan pengunjung yang cukup banyak, sehingga ekonomi masyarakat Desa Pasanggrahan menjadi meningkat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui latar belakang dan proses pembentukan pengelolaan sumber daya air dalam upaya meningkatkan ekonomi masyarakat. Mengkaji manfaat yang dirasakan oleh warga masyarakat Desa Pasanggrahan Kecamatan Kasomalang Kabupaten Subang. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori Tindakan Sosial yang digagas oleh Max Weber. Tindakan sosial merupakan tindakan yang dilakukan oleh individu maupun kelompok sosial yang didalahnya terkandung makna yang disebut sebagai aktivitas atau interaksi yang memiliki arti. Max Weber membagi tindakan sosial kedalam empat tipe, yaitu instrumental rasional tindakan berorientasi nilai, tindakan tradisional dan tindakan afektif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian deskriptif. Peneliti berusaha memaparkan dan menjelaskan pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui optimalisasi pengelolaan sumber daya air. Data diperoleh melalui pengumpulan data Primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang dilakukan secara bersamaan yang terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menunjukkan bahwa pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui optimalisasi pengelolaan sumber daya air di Desa Pasanggrahan berawal dari kekayaan sumber daya air dan adanya kesadaran dari salah satu warga masyarakat Desa Pasanggrahan untuk mengoptimalkan pengelolaan sumber daya air dalam upaya membuka lapangan pekerjaan warga masyarakat sekitar Desa Pasanggrahan. Pengelolaan sumber daya air dilakukan melalui kerjasama antara pengelola, warga masyarakat sekitar yang sadar wisata dan Pemerintah Desa untuk meningkatkan ekonomi dan mensejahterakan masyarakat Desa Pasanggrahan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat; Pengelolaan Sumber Daya Air
Subjects: Sociology and Anthropology, Society
Communities > Community Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Nita Fu'adah
Date Deposited: 06 Oct 2022 01:52
Last Modified: 06 Oct 2022 01:52
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/58539

Actions (login required)

View Item View Item