Bimbingan Parenting Islami untuk membentuk karakter anak usia dini : Analisi tematik isi kitab Tarbiyatul Aulad Fil Islam Karangan Dr. Abdullah Nashih 'Ulwan

Li Alamin, Muhammad Nafi (2022) Bimbingan Parenting Islami untuk membentuk karakter anak usia dini : Analisi tematik isi kitab Tarbiyatul Aulad Fil Islam Karangan Dr. Abdullah Nashih 'Ulwan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (263kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (425kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB) | Request a copy

Abstract

Menjadi orang tua tidak hanya melahirkan dan mengasuh atau membesarkan, namun yang lebih berat dari itu adalah membimbing. Pola asuh orang tua bagi anaknya merupakan peran penting dalam pembentukan karakter anak karena lingkungan keluarga adalah lingkungan pertama yang dikenal anak. Minimnya sekolah yang menerapkan Parenting education karena dalam penerapannya kegiatan ini membutuhkan waktu, sarana dan prasarana yang memadai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep bimbingan dalam membentuk karakter anak usia dini berdasarkan kitab Tarbiyatul Aulad Fil Islam, mengetahui sistematika materi yang disajikan dalam kitab Tarbiyatul Aulad Fil Islam serta untuk mengetatui pendekatan dan metode Parenting Islami berdasarkan kitab Tarbiyatul Aulad Fil Islam. Menurut Prayitno (2004 : 79), Bimbingan adalah suatu proses pemberian bantuan yang dilakukan oleh orang ahli kepada orang atau beberapa orang individu, baik anak-anak, remaja, maupun dewasa agar orang yang dibimbing dapat mengembangkan kemampuan dirinya sendiri dan mandiri, dan dapat dikembangkan berdasarkan norma yang berlaku. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode conten analisist yaitu kitab-kitab ilmiah yang mempunyai relevansi dengan pokok kajian perihal Bimbingan Parenting Islami untuk membentuk Karakter Anak Usia Dini Analisis Isi kitab Tarbiyatul Aulad Fil Islam karangan Dr. Abdullah Nashih Ulwan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada saran Islami untuk membentuk karakter anak usia dini dalam kitab Tarbiyatul Aulad Fil Islam termasuk dalam panduan meningkatkan pola asuh. Kitab ini memuat materi tentang parenting islami, bagaimana orang tua merawat anaknya dengan baik agar anaknya menjadi anak yang baik dan sholeh. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan konsep bimbingan untuk membentuk karakter anak usia dini dalam kitab Tarbiyatul Aulad Fil Islam Karangan Dr. Abdullah Nashih ‘Ulwan adalah dengan menggunakan metode keteladanan, metode kebiasaan, metode nasihat, metode dengan perhatian dan pengawasan, serta hukuman.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Parenting Islami; Karakter Anak Usia Dini; Kitab Tarbiyatul Aulad Fil Islam
Subjects: Ethics of Social Relations
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Al-Qur'an dan Terjemahannya
Adult Education > Adult Education in Indonesia
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Muhammad Nafi' Lil Alamin
Date Deposited: 30 Sep 2022 09:28
Last Modified: 30 Sep 2022 09:28
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/58530

Actions (login required)

View Item View Item