Strategi pengelolaan pendapatan asli desa dalam meningkatkan pembangunan di Desa Cimekar Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung

Lestari, Intan (2022) Strategi pengelolaan pendapatan asli desa dalam meningkatkan pembangunan di Desa Cimekar Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (257kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (54kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB) | Request a copy

Abstract

Dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat terdapat upaya yang dapat dilakukan yaitu dengan melakukan pembangunan nasional. Pembangunan merupakan salah satu proses dalam meningkatkan pendapatan perkapita masyarakat dengan jangka waktu yang panjang. Adapun upaya yang telah dilakukan untuk mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat tersebut ialah dengan diberlakukannya otonomi daerah. Dengan adanya otonomi daerah, pemerintah desa diberikan keleluasaan dan kekuasaan untuk dapat meningkatkan pendapatan asli desa yang kemudian hal tersebut dapat mendukung terselenggaranya pembangunan ekonomi di Desa Cimekar. Tujuan dari penelitian ini di antaranya adalah guna mengetahui pengelolaan Pendapatan Asli Desa oleh pemerintah desa dalam meningkatkan pembangunan desa di Desa Cimekar. Selain itu, guna mengetahui bagaimana penerapan sistem informasi dalam pengelolaan Pendapatan Asli Desa di Desa Cimekar. Kemudian, guna mengetahui bagaimana penerapan kontrol dan pengendalian dalam pengelolaan Pendapatan Asli Desa oleh pemerintah Desa Cimekar. Selanjutnya, guna mengetahui bagaimana penerapan keterlibatan jasa penilai dalam pengelolaan Pendapatan Asli Desa oleh pemerintah Desa Cimekar.. Penelitian ini menerapkan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini mempergunakan triangulasi data di antaranya observasi, wawancara, dokumentasi, serta studi pustaka. Teknik analisis data penelitian dilaksanakan melalui penguraian atau pengelompokan data untuk memudahkan pada proses pengolahan data, yang kemudian ditarik kesimpulan. Temuan dalam penelitian ini di antaranya adalah dalam pelaksanaannya, masih terdapat beberapa kendala salah satunya yaitu kurangnya sumber daya manusia baik dari segi kualitas maupun kuantitas dalam pengelolaan tanah kas yang dimiliki. Selain itu, kendala yang dialami pada sistem informasi manajemen asset desa, yaitu website yang dimiliki oleh pemerintah Desa Cimekar sering mengalami error. Kemudian dua kebijakan lainnya yaitu pengawasan dan pengendalian pemanfaatan asset desa, serta keterlibatan jasa penilai telah terlaksana dengan baik dan efektif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Pendapatan Asli Desa
Subjects: Administration of Economy
Administration of Economy > Administration of Financial Institutions
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Intan Lestari
Date Deposited: 29 Sep 2022 03:23
Last Modified: 29 Sep 2022 03:23
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/58525

Actions (login required)

View Item View Item