Tanggapan siswa terhadap penerapan program Takhassus keagamaan dan hubungannya dengan akhlak mereka di sekolah : Penelitian korelasional terhadap siswa kelas VIII SMP Bakti Nusantara 666

Asa, Rindu (2022) Tanggapan siswa terhadap penerapan program Takhassus keagamaan dan hubungannya dengan akhlak mereka di sekolah : Penelitian korelasional terhadap siswa kelas VIII SMP Bakti Nusantara 666. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (587kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (860kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (839kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya studi pendahuluan yang dilakukan di SMP Bakti Nusantara 666, bahwasanya di sekolah ini terdapat terdapat suatu program yang dinamakan program takhassus keagamaan. Program takhassus keagamaan merupakan salah satu program unggulan sekolah dan wajib diikuti oleh seluruh siswa. Adapun tujuan dari adanya penerapan program tersebut salah satunya adalah untuk membentuk akhlakul karimah pada siswa. Berdasarkan tanggapan siswa program ini sudah berjalan dengan baik dan terorganisasi dalam hal pelaksanannya. Akan tetapi meskipun sebagian besar siswa memberikan tanggapan positif, peneliti masih saja menemukan beberapa siswa yang belum bisa berakhlak dengan baik. Oleh karenanya peneliti tertarik untuk meneliti program ini terkait adakah hubungan antara tanggapan siswa terhadap penerapan program takhassus keagamaan dengan akhlak mereka di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Realitas tanggapan siswa terhadap program takhassus keagamaan di SMP Bakti Nusantara 666, 2) Realitas akhlak siswa di SMP Bakti Nusantara 666, 3) Hubungan antara tanggapan siswa terhadap penerapan program takhassus keagamaan dengan akhlak mereka di sekolah. Penelitian ini bertolak pada pemikiran bahwasanya akhlak positif pada siswa dapat terbentuk melalui penerapan program takhassus keagamaan di lingkungan sekolah. Oleh karenanya hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara tanggapan siswa terhadap penerapan program takhassus keagamaan dengan akhlak mereka di sekolah. Artinya makin positif tanggapan siswa terhadap program takhassus keagamaan maka makin positif akhlak mereka di sekolah. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode assosiatif korelatif. Adapun alat pengumpul data utama yang digunakan yaitu berupa angket. Sementara itu sampel dalam penelitian ini berjumlah 32 siswa yang diambil dari siswa kelas VIII D. Dan untuk menganalisis data kuantitatif menggunakan teknik analisis data parsial dan uji korelasi. Hasil penelitian menujukan bahwa: 1) Realitas tanggapan siswa terhadap penerapan program takhassus keagamaan di SMP Bakti Nusantara 666 berkategori sangat positif dengan rata-rata skor 4,56 dan terletak pada interval 4,20 - 5,00. 2) Realitas akhlak siswa di SMP Bakti Nusantara 666 berkategori sangat positif dengan rata-rata skor 4,42 dan terletak pada interval 4,20 - 5,00. 3) Hubungan antara tanggapan siswa terhadap penerapan program takhassus keagamaan dengan akhlak mereka di sekolah berkategori sedang karena berada pada interval 0,40-0,599 dengan nilai korelasi sebesar 0,472. Sementara itu pada uji hipotesis diperoleh nilai thitung > ttabel, (2,931 > 2,0423), maka dengan ini hipotesis diterima, dalam artian terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara tanggapan siswa terhadap penerapan program takhassus keagamaan dengan akhlak mereka di sekolah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: tanggapan siswa; program keagamaan; akhlak
Subjects: Islam
Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rindu Asa
Date Deposited: 30 Sep 2022 09:58
Last Modified: 30 Sep 2022 09:58
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/58510

Actions (login required)

View Item View Item