Pengaruh kepemimpinan visioner kepala madrasah dan budaya organisasi madrasah terhadap kinerja guru: Penelitian di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Bekasi

Febriani, Dini (2022) Pengaruh kepemimpinan visioner kepala madrasah dan budaya organisasi madrasah terhadap kinerja guru: Penelitian di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Bekasi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTARISI.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB1.pdf

Download (297kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (512kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTARPUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB) | Request a copy

Abstract

Dalam lembaga pendidikan kepemimpinan visioner sangat dibutuhkan. Kepala madrasah harus memiliki jiwa visioner untuk mengembangkan madrasahnya. Hal ini yang berkaitan dengan kinerja guru adalah kepemimpinan visioner dan budaya organisasi, permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana kepemipinan visioner dan budaya organisasi dalam kinerja guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan visioner kepala madrasah dan budaya organisasi madrasah terhadap kinerja guru di MAN 1 Kota Bekasi. Kepemimpinan visioner kepala madrasah memiliki indikator Berwawasan luas ke masa depan, berani bertindak dalam meraih tujuan, mengajak orang lain, merumuskan visi, mengubah visi ke dalam aksi, integritas, membangun hubungan secara efektif, memberi penghargaan, dan respek, Inovatif dan proaktif dalam menemukan dunia baru. Indikator dari budaya organisasi madrasah adalah inovasi dan pengambilan resiko, orientasi terhadap hasil, orientasi terhadap individu, orientasi terhadap tim, agresivitas, stabilitas. Indikator dari kinerja guru adalah perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode regresi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji instrumen (validitas dan realiabilitas), analisis indikator, uji normalitas, uji linieritas, uji regresi berganda, uji-t, dan uji koefisien detrminasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa, kepemimpinan visioner kepala MAN 1 Kota Bekasi memperoleh rata-rata nilai 4,12 maka dikategorikan tinggi. Budaya organisasi madrasah di MAN 1 Kota Bekasi memperoleh rata-rata nilai 4,12 maka dikategorikan tinggi. Kinerja guru di MAN 1 Kota Bekasi memperoleh rata-rata nilai 4,30 maka dikategorikan sangat tinggi. Kepemimpinan visioner kepala madrasah memiliki pengaruh terhadap kinerja guru pada MAN 1 Kota Bekasi, dengan nilai signifikansi sebesar 0,01 < 0,05 dan nilai thitung 3,660 > ttabel 1,997 sehingga disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kepemimpinan visioner kepala madrasah terhadap kinerja guru. Budaya organisasi madrasah memiliki pengaruh terhadap kinerja guru pada MAN 1 Kota Bekasi, dengan nilai signifikansi sebesar 0,246 > 0,05 dan nilai thitung 1,170 < ttabel 1,997 dapat disimpulkan Ho diterima dan Ha ditolak, artinya terdapat pengaruh namun tidak secara signifikan ada antara budaya organisasi madrasah terhadap kinerja guru. Pengaruh kepemimpinan visioner kepala madrasah dan budaya organisasi madrasah terhadap kinerja guru bahwa nilai R Square sebesar 0,450 artinya pengaruh variabel X1 dan X2 secara simultan terhadap variabel Y sebesar 45% sisanya 55% dijelaskan oleh variabel lain tidak dibahas dalam penelitian ini. Seperti latar belakang pendidikan lingkungan madrasah, pola komunikasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Visioner; Budaya Organisasi; Kinerja Guru
Subjects: General Management
General Management > Education, Research of Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Dini Febriani
Date Deposited: 29 Sep 2022 04:23
Last Modified: 29 Sep 2022 04:23
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/58503

Actions (login required)

View Item View Item