Hubungan kompetensi tenaga administrasi dengan kinerja tenaga administrasi madrasah: Penelitian di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Bekasi

Komala, Devita (2022) Hubungan kompetensi tenaga administrasi dengan kinerja tenaga administrasi madrasah: Penelitian di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Bekasi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (503kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (463kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (727kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (845kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (526kB) | Request a copy

Abstract

Keberhasilan madrasah dalam mencapai tujuan sangat dipengaruhi oleh iklim madrasah, salah satunya adalah administrasi madrasah yang efektif. Untuk menunjang administrasi madrasah yang efektif diperlukan tenaga administrasi yang memiliki kompetensi sesuai dengan standar tenaga administrasi yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Oleh karena itu, pemenuhan standar kualifikasi dan kompetensi tenaga administrasi sekolah/madrasah wajib dipenuhi oleh penyelenggara sekolah/madrasah. Kompetensi tenaga administrasi madrasah yang memadai akan menghasilkan kinerja tenaga administrasi yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Kompetensi tenaga administrasi di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Bekasi; 2) Kinerja tenaga administrasi di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Bekasi; dan 3) Hubungan kompetensi tenaga administrasi dengan kinerja tenaga administrasi di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Bekasi. Penelitian ini bersifat deskriptif, dengan menggunakan pendekatan kuantitatif jenis korelasi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket kuesioner. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji instrumen penelitian (validitas dan reliabilitas), analisis statistik (analisis parsial per-indikator dan interpretasi variabel), uji prasyarat (normalitas data dan linieritas data), dan uji korelasi (koefisien korelasi dan koefisien determinasi). Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa Kompetensi Tenaga Administrasi memperoleh nilai rata-rata 4,43. Nilai tersebut dikategorikan “Sangat Tinggi”, karena berada pada rentang interval 4,20-5,00. Hal tersebut dikarenakan respon tenaga administrasi terhadap indikator variabel kompetensi tenaga administrasi sesuai dengan praktik di lapangan. Kinerja Tenaga Administrasi Madrasah memperoleh nilai rata-rata 4,46. Nilai tersebut dikategorikan “Sangat Tinggi”, karena berada pada rentang interval 4,20-5,00. Hal tersebut dikarenakan respon tenaga administrasi terhadap variabel kinerja tenaga administrasi madrasah sesuai dengan praktik di lapangan. Kompetensi tenaga administrasi dengan kinerja tenaga administrasi di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Bekasi memiliki korelasi dengan nilai signifikansi 0,000 dan memperoleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,888. Terdapat pada tingkat kekuatan “Sangat Kuat”, karena berada pada rentang kategori 0,8000 – 1,000. Adapun jenis hubungan kompetensi tenaga administrasi dengan kinerja tenaga administrasi madrasah mengarah kepada hubungan yang positif dengan melihat angka pearson correlation yaitu 0,888, sehingga hubungan kedua variabel searah dan memiliki arti bahwa semakin tinggi kompetensi tenaga administrasi maka semakin tinggi juga kinerja tenaga administrasi madrasah. Berdasarkan hasil uji hipotesis diartikan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Kemudian, diperoleh nilai koefisien determinasi (R square) sebesar 0,788 yang artinya bahwa kontribusi variabel kompetensi terhadap kinerja tenaga administrasi madrasah adalah 78,8% dan 21,2% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi; Tenaga Administrasi Madrasah; Kinerja
Subjects: Personnel Administration
Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Devita Komala
Date Deposited: 29 Sep 2022 04:13
Last Modified: 29 Sep 2022 04:13
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/58500

Actions (login required)

View Item View Item