Pengaruh Good Corporate Governance terhadap kinerja keuangan pada Bank Umum Syariah yang terdaftar di otoritas jasa keuangan periode 2017-2021

Aswari, Rini (2022) Pengaruh Good Corporate Governance terhadap kinerja keuangan pada Bank Umum Syariah yang terdaftar di otoritas jasa keuangan periode 2017-2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
cover rini.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstrak rini.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
daftar isi rini.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
bab 1 rini.pdf

Download (192kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
bab ii rini.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
bab iii rini.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
bab iv rini.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
bab v.pdf
Restricted to Registered users only

Download (84kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
dapus rini.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB) | Request a copy

Abstract

Good corporate governance dikatakan dapat membantu kinerja keuangan perusahaan, namun pada praktiknya masih terjadi perbedaan antara pengukuran good corporate governance dan kinerja keuangan yang diukur oleh return on asset. Adanya juga fenomena dimana good corporate governance sudah berjalan dengan baik, namun kinerja keuangan perusahaannya menurun. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Good corporate governance dengan proksi dewan direksi, dewan komisaris, dan komite audit terhadap kinerja keuangan yang diukur dengan return on asset pada bank umum syariah yang terdaftar di otoritas jasa keuangan periode 2017-2021. Dewan direksi, dewan komisaris, dan komite audit merupakan pengukuran good corporate governance untuk mengukur suatu kinerja pada perusahaan. Dewan direksi diukur dengan jumlah dewan direksi, dewan komisaris diukur dengan jumlah rapat dewan komisaris, komite audit diukur dengan jumlah anggota komite audit. pelaksanaan prinsip-prinsip. Good Corporate Governance bagi Bank Umum paling kurang harus diwujudkan dalam: pelaksanaan tugas dan tanggung jawab Dewan Komisaris dan Direksi, kelengkapan dan pelaksanaan tugas komite-komite dan satuan kerja yang menjalankan fungsi pengendalian intern bank, penerapan fungsi kepatuhan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif.Sumber data dlam penelitian adalah data sekunder berupa laporan keuangan periode 2017-2021 Bank Umum Syariah.Teknik pengumpulan data penelitian yaitu dokumentasi.Penelitian melakukan uji statistik mencakup aanalisis deskriptif, analisis regresi linear berganda, analisis determinasi, uji hipotesis yang terdiri dari uji t dan uji f. Hasil penelitian menurut uji t (parsial) menyatakan 1) Proksi dewan direksi tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan yang diukur dengan return on asset. 2) Proksi dewan komisaris tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan yang diukur dengan return on asset. 3) Komite audit tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan yang diukur dengan return on assset. 4) Berdasarkan hasil analisis uji f (simultan) menyatakan bahwa proksi dewan direksi, dewan komisaris, dan komite audit tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan yang diukur dengan return on asset dengan nilai Fhitung pada tabel 4.8 sebesar 1,895 < 3,63 dengan nilai signifikansi pada tabel sebesar 0,171 > 0,05. Artinya H0 diterima dan H1 ditolak, maka dewan direksi, dewan komisaris, dan komite audit tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan yang diukur dengan return on asset (ROA).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Good Corporate Governance; Dewan direksi, dewan komisaris; komite audit; return on assets; kinerja keuangan.
Subjects: Financial Economics, Finance > Banks
Accounting
Accounting > Financial Reporting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Akuntansi Syariah
Depositing User: Rini Aswari
Date Deposited: 29 Sep 2022 03:41
Last Modified: 29 Sep 2022 03:41
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/58499

Actions (login required)

View Item View Item