Peran Baitul Maal dalam meningkatkan kesejahteraan yatim piatu dan masyarakat dhuafa : Studi deskriptif di Baitul Maal Mustika Ikhlash unit masjid Al-Huda kampung Paledang desa Cileunyi Wetan Cileunyi kabupaten Bandung

Kurniawan, Fauzi (2022) Peran Baitul Maal dalam meningkatkan kesejahteraan yatim piatu dan masyarakat dhuafa : Studi deskriptif di Baitul Maal Mustika Ikhlash unit masjid Al-Huda kampung Paledang desa Cileunyi Wetan Cileunyi kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ abstrak (1).pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (395kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (193kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (705kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan ekonomi menjadi persoalan yang mendasar untuk menunjang kehidupan. Kegiatan yang berupa bantuan ekonomi di masyarakat berupaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Peran Baitul Maal yaitu, membantu, dan menumbuhkan kesejahteraan yang terpenting memfokuskan pada masyarakat yang membutuhkan.Untuk menangani persoalan kesulitan masyarakat salah satu bentuk ikhtiarnya yaitu dengan penyaluran dana bantuan Baitul Maal yang ada di masjid- masjid dengan target tujuannya yaitu masyarakat yang berhak menerima bantuan,rentan seperti,yatim piatu dan dhuafa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kegiatan yang ada di Baitul Maal Mustika Ikhlas unit Masjid Al-Huda, melihat kondisi kesejahteraan yatim piatu dan masyarakat dhuafa Binaan dan mengetahui hasil dalam peningkatan kesejahteraan yatim dan masyarakat dhuafa. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah Kesejahteraan sosial menurut Friedlander dalam Suud (2006:8), menjabarkan bahwasannya, kesejahteraan sosial merupakan suatu sistem kontribusi dan layanan sosial yang terorganisir dirancang untuk membantu individu dan kelompok mencapai standar hidup dan kesehatan dengan baik. Hubungan interaksi antara pribadi dan sosial yang memberikan kesempatan untuk mengembangkan semua kapasitas, potensi dan meningkatkan kesejahteraan sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan lingkungan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif.Teknik pengumpulan data yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Maka data yang dikumpulkan kemudian di analisis dengan mengklasifikasikan dan, memilih data tersebut agar membantu meringankan dalam penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan di Baitul Maal Mustika Ikhlash unit Al-Huda, diperoleh hasil kesimpulan yaitu, pertama, setiap kegiatan program di Baitul Maal senantiasa diadakan santunan, dan senantiasa diikutsertakan oleh pengeurus dan memberdayakan anak yatim piatu dan, dhuafa diataranya; cinta nabi cinta yatim, santunan bantuan pendidikan rutilahu yatim piatu, renovasi rumah dhuafa, kencleng mandiri, safari pengajian ke Baitul Maal. kedua, Kondisi sebelum dibina oleh BMMI unit Al-Huda memiliki permasalahan ekonomi diantaranya mata pencaharian dan pendapatan yang tidak menentu, keterbalakangan pendidikan, dan persolan keluarga. ketiga, hasil peningkatan kesejahteraan kepada yatim piatu dan masyarakat dhuafa merasakan dan, menerima manfaat bantuan yang diberikan dari Baitul Maal seperti, bantuan dana pangan, kebutuhan pendidikan meringankan orang yang berutang, dan kegiatan yang menunjang serta mendampingi sebagai upaya dalam meningkatkan kesejahteraan yatim piatu dan dhuafa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Baitul Maal; Kesejahteraan
Subjects: Associations for Religions Work
Islam > Mosques
Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Interactions within Groups
Social Welfare, Problems and Services > Historical, Geographic, Person Treatment of Social Welfare
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Fauzi Kurniawan
Date Deposited: 29 Sep 2022 03:19
Last Modified: 29 Sep 2022 03:55
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/58489

Actions (login required)

View Item View Item