Hubungan antara kompetensi manajerial kepala madrasah dengan kinerja tenaga tata usaha: Penelitian di MAN se-Kabupaten Bireuen

Luthfia, Amira (2022) Hubungan antara kompetensi manajerial kepala madrasah dengan kinerja tenaga tata usaha: Penelitian di MAN se-Kabupaten Bireuen. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (604kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (825kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (647kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (759kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB) | Request a copy

Abstract

Kompetensi manajerial kepala madrasah sangat dibutuhkan dalam pengelolaan pendidikan mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan hingga pengawasan. Salah satu tugas manajerial yaitu mengelola sumber daya manusia yang termasuk didalamnya tenaga pendidik dan tenaga kependidikan. Namun kesenjangan yang terjadi dilapangan yaitu kurangnya kegiatan pelatihan/peningkatan kompetensi yang difasilitasi oleh madrasah sehingga terjadi keterbatasan dalam pengembangan diri hal tersebut akan berdampak pada kinerja pegawai tata usaha itu sendiri. Keterbatasan sarana prasarana dalam ruang tata usaha juga berpengaruh pada kinerja pegawai dalam melakukan pekerjaannya, seperti keterbatasan pada tempat penyimpanan dokumen-dokumen penting dan sempitnya ruangan sehingga menjadi kurang nyaman dalam melakukan kegiatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kompetensi manajerial kepala madrasah di MAN se-kabupaten Bireuen, untuk mengetahui bagaiamana kinerja tenaga tata usaha madrasah di MAN se-kabupaten Bireuen, dan untuk mengetahui bagaimana hubungan kompetensi manajerial kepala madrasah dengan kinerja di madrasah di MAN se-kabupaten Bireuen. Fungsi dalam kompetensi manjaerial kepala madrasah meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Adapun aspek dalam kinerja tenaga tata usaha meliputi kualitas kerja, kuantitas kerja, ketepatan waktu dan kehadiran, dan mampu bekerjasama. Maka hipotesis dari penelitian ini yaitu Ha = terdapat hubungan antara kompetensi manajerial kepala madrasah dengan kinerja tenaga tata usaha. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner yang dibagikan kepada 30 responden. Adapun Teknik analisis data yang dilakukan pada penelitian ini melalui tahapan uji instrument (validitas, reabilitas), uji analisis parsial per indikator, uji normalitas data, uji lineritas dan uji korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi manajerial kepala madrasah di MAN se-kabupaten Bireuen dengan nilai 4,42 berada dalam kategori sangat tinggi karena berada pada rentang 4,20-5,00. Kinerja tenaga tata usaha di MAN se- kabupaten Bireuen dengan nilai 4,77 berada dalam kategori sangat tinggi karena berada pada rentang 4,20-5,00. Hasil korelasi yang diperoleh antara variable X dan Y yaitu 0,000 < 0,05 yang berarti memiliki hubungan atau korelasi yang signifikan antara kedua variable.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Manajerial Kepala Madrasah; Kinerja Tenaga Tata Usaha
Subjects: Personnel Administration
Education
Customs of People > Organization and Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Amira Luthfia
Date Deposited: 29 Sep 2022 04:08
Last Modified: 29 Sep 2022 04:08
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/58481

Actions (login required)

View Item View Item