Implementasi pendidikan karakter dalam pembentukan kepribadian yang berakhlakul karimah di SMA Muhammadiyah Wanaraja

Fauzan, Sahrul (2022) Implementasi pendidikan karakter dalam pembentukan kepribadian yang berakhlakul karimah di SMA Muhammadiyah Wanaraja. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
Daftar isi.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
Bab 1.pdf

Download (157kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (25kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kegiatan keagamaan yang diterapkan disekolah yang dilakukan guna membentuk karakter peserta didik menjadi lebih baik. Namun masih terdapat peserta didik yang karakternya kurang baik dengan ditandai 6 kurang disiplinnya, tanggung jawab, cara berpakaian, sikap kurang sopan kepada pendidik, dan tidak melaksanakan sholat berjamaah. Sehingga harus ditingkatkan terus sepaya peserta didik dapat berakhlakul karimah. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah 1). Untuk mengetahui perencanaan pendidikan karakter dalam pembentuk kepribadian yang berakhlakul karimah di SMA Muhammadiyah Wanaraja. 2). Untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan karakter dalam pembentuk kepribadian yang berakhlakul karimah di SMA Muhammadiyah Wanaraja. 3). Untuk mengetahui evaluasi pendidikan karakter dalam pembentuk kepribadian yang berakhlakul karimah di SMA Muhammadiyah Wanaraja. 4) Untuk mengetahui efektifitas pendidikankarakter dalam pembentuk kepribadian yang berakhlakul karimah di SMA Muhammadiyah Wanaraja. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, metodenya menggunakan metode deskriptif dengan jenis penelitian library reasearch. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer yang berasal dari populasi dan sampel, juga sumber data sekunder sebagai sumber pendukung. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data model penelitian kualitatif versi Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Perencanaan: pendidikan karakter di SMA Muhammadiyah Wanaraja memiliki rencana yang tertuang dalam program kerja sekolah.). Dalam setiap KBM guru memasukan nilai-nilai karakter yang baik dan dikembangkan melalui proses belajar mengajar di kelas maupun diluar kelas yang meliputi: religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreaktif, mandiri, dan tanggung jawab. 2) Pelaksanaan: pendidikan karakter disekolah SMA Muhammadiyah Wanaraja dalam proses pembelajaran dan di luar pembelajaran berjalan dengan baik, yang didukung oleh seluruh warga sekolah, komite sekolah, dan orang tua siswa. Dalam hal ini yang paling berperan guru dan kepala sekolah dimana guru memiliki peran sebagai pendidik, teladan, motivator, dan pembimbing. 3) Evaluasi: dalam pendidik karakter di sekolah SMA Muhammadiyah Wanaraja dilakukan kegiatan evaluasi atau penilaian. Nilai-nilai yang terealisasikan dengan baik dalam perilaku sehari-hari peserta didik di sekolah SMA Muhammadiyah Wanaraja adalah : religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreaktif, mandiri, dan tanggung jawab. 4) Efektivitas: Dari data yang diperoleh melalui penelitian oleh peneliti. Diperoleh hasil bahwa dari mulai perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pendidikan karakter dalam pembentukan kepribadian akhlakul karimah siswa di SMA Muhammadiyah Wanaraja berada pada kategori sangat baik berdasarkan hasil angket sebesar 82%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan; Karakter; Akhlak; Karimah
Subjects: Differential and Developmental Psychology > Character Development
Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: SAHRUL FAUZAN
Date Deposited: 29 Sep 2022 07:41
Last Modified: 29 Sep 2022 07:41
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/58478

Actions (login required)

View Item View Item