Implementasi video pembelajaran mata pelajaran IPA untuk meningkatkan pemahaman materi IPA Kelas V di MI

Nurislamy, Amiara (2022) Implementasi video pembelajaran mata pelajaran IPA untuk meningkatkan pemahaman materi IPA Kelas V di MI. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (164kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (72kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan rendahnya pemahaman siswa kelas V MI/SD terhadap materi IPA tentang sistem peredaran darah manusia. Sehingga, penggunaan media dalam pembelajaran menjadi hal utama pada penelitian ini untuk melihat pemahaman sebelum menggunakan media dan sesudah menggunakan media. Tujuan Penelitian ini yaitu untuk mengetahui proses pelaksanaan alur materi sistem peredaran darah yang terdapat pada video serta pemehaman siswa apabila menggunakan video dalam memahami materi IPA. Objek dari penelitian ini yaitu video pembelajaran IPA serta subjeknya yaitu siswa MI kelas V. Penelitian ini menggunakan metode mix method dengan instrument penelitiannya yaitu observasi dan tes. Teknis analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Indikator keberhasilan penelitian ini ditandai dengan meningkatnya pemahaman materi IPA tetang sistem peredaran darah yaitu 75% dari jumlah siswa yang memenuhi ketuntasan minimal (KKM) yaitu 75. Hasil yang didapat pada penelitian ini yaitu pada tes awal pemahaman awal yang diperoleh siswa sebanyak 20 orang dengan hasil yang memenuhi KKM ≥ 75 sebanyak 3 siswa, dengan presentasenya 15%. Setelah menggunakan media video pembelajaran serta dilaksanakan tes kedua hasil yang didapatkan yaitu siswa yang mencapai KKM ≥ 75 sebanyak 16 orang siswa dengan presentase 80%. Siswa yang belum mencapai KKM ≥ 75 sebanyak 4 orang siswa dengan presentase 20%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman materi IPA; media video;
Subjects: Special Computer Methods
Special Computer Methods > Digital Video
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Amiara Nurislamy
Date Deposited: 29 Sep 2022 05:59
Last Modified: 29 Sep 2022 05:59
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/58472

Actions (login required)

View Item View Item