Hubungan tawakkal terhadap stres belajar daring akibat pandemi Covid-19: Studi korelasional kepada siswa Kelas 11 Madrasah Aliyah Negeri 3 Cirebon

Erinadewi, Widya (2022) Hubungan tawakkal terhadap stres belajar daring akibat pandemi Covid-19: Studi korelasional kepada siswa Kelas 11 Madrasah Aliyah Negeri 3 Cirebon. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftarisi.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (252kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (26kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB) | Request a copy

Abstract

Pendemi Covid-19 memberikan pengaruh ke dunia pendidikan Indonesia salah satunya adalah pembelajaran daring. Sebuah studi menunjukkan bahwa selama pembelajaran daring banyak pelajar yang mengalami stress belajar. Salah satu cara untuk mengatasi stress belajar adalah dengan penerapan salah satu konsep tasawuf yaitu tawakal. Penelitian ini memiliki tujuan penelitian pertama untuk mengetahui stress belajar yang dialami oleh kelas 11 Madrasah Aliyah Negeri 3 Cirebon saat belajar daring., kedua manfaat yang didapatkan dari menerapkan sikap tawakal untuk mengatasi stres belajar daring pada kelas 11 Madrasah Aliyah Negeri 3 Cirebon, dan hubungan sikap tawakal dalam mengurangi stres daring pada kelas 11 Madrasah Aliyah Negeri 3 Cirebon. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif pendekatan asosiatif. Subjek penelitiannya pelajar kelas 11 MAN 3 Cirebon, dengan jumlah populasi 318, sedangkan yang dijadikan sampel adalah 76. Variabel bebasnya adalah tawakal dan variabel terikatnya adalah stress belajar. Proses analisis datanya yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, dan uji korelasi. Hipotesisnya Ho: Tidak adanya hubungan tawakkal terhadap stres belajar daring akibat pandemi covid-19 pada kelas 11 madrasah aliyah negeri 3 cirebon, Ha: Adanya hubungan tawakkal terhadap stres belajar daring akibat pandemi covid-19 pada kelas 11 madrasah aliyah negeri 3 cirebon. Hasil penelitian ini menunjukan, pertama Stres belajar yang dialami kebanyakan pelajar yaitu merasakan yang pertama, pola tidur yang tidak teratur; Kedua mudah berganti mood; Ketiga, susah berkonsentrasi; Keempat ingkar janji. Kedua, Manfaat sikap tawakkal dalam mengatasi stress belajar saat belajar daring. Siswa kelas 11 MAN 3 Cirebon merasakan manfaatnya yaitu hati siswa merasa tenang dalam menjalani kesehariannya. Ketiga, hubungan antara tawakal terhadap stress belajar memiliki hubungan berbanding terbalik Hasil tersebut dibuktikan Ho ditolak dikarenakan -rhitung ≤ -rtabel yaitu bernilai -0,321 ≤ -0,293. Nilai -0,321 ini menunjukkan hubungan yang terjadi antara variabel sikap tawakal memiliki hubungan yang berbanding terbalik. Artinya apabila ada suatu penurunan dari variabel sikap tawakal (X) maka akan terjadi suatu peningkatan dari Stress Belajar (Y).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Covid-19; Strees Belajar; dan Tawakal
Subjects: Differential and Developmental Psychology
Differential and Developmental Psychology > Stress
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: widya erinadewi
Date Deposited: 29 Sep 2022 08:30
Last Modified: 29 Sep 2022 08:30
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/58469

Actions (login required)

View Item View Item