Pengaruh Working Capital Turn Over (WCTO) dan Total Assets Turnover (TATO) terhadap Net Profit Margin (NPM) pada Perusahaan yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII): Studi kasus di PT Bukit Asam Tbk Periode 2011-2020

Supriadi, Rinda Santiani (2022) Pengaruh Working Capital Turn Over (WCTO) dan Total Assets Turnover (TATO) terhadap Net Profit Margin (NPM) pada Perusahaan yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII): Studi kasus di PT Bukit Asam Tbk Periode 2011-2020. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (127kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (490kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (546kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB) | Request a copy

Abstract

Para investor umumnya memilih sebuah perusahaan dengan melihat keuntungan yang dihasilkan oleh perusahaan melalui rasio profitabilitas untuk mengukur kualitas perusahaan. Salah satu rasio profitabilitas yaitu Net Profit Margin, untuk meningkatkan Net Profit Margin dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu Working Capital Turn Over dan Total Assets Turnover sebagai mengukur efektivitas kinerja perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh hasil berupa (1) menganalisa pengaruh Working Capital Turn Over secara parsial terhadap Net Profit Margin pada PT. Bukit Asam Tbk., (2) menganalisa pengaruh Total Assets Turnover secara parsial terhadap Net Profit Margin pada PT. Bukit Asam Tbk., (3) menganalisa pengaruh Working Capital Turn Over dan Total Assets Turnover secara simultan terhadap Net Profit Margin pada PT. Bukit Asam Tbk. Kerangka berpikir yang digunakan dalam penelitian ini adalah merujuk kepada beberapa pendapat para ahli keuangan dan hasil penelitian sebelumnya yang menyatakan bahwa semakin tinggi Working Capital Turn Over dan Total Assets Turnover maka semakin tinggi pula Net Profit Margin yang dihasilkan. Pada penelitian ini metode yang digunakan ialah analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data sekunder dari laporan tahunan 2011-2020 digunakan sebagai jenis data. Teknik pengumpulan data adalah dokumentasi dan kepustakaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis kuantitatif (analisis regresi linier sederhana, analisis regresi linier berganda, analisis korelasi pearson product moment, koefisien determinasi dan uji signifikan yaitu Uji t dan Uji F). Pengolahan data menggunakan IBM SPSS Version 20.0 dan microsoft excel plus 2016 untuk mendukung pengolahan data awal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial Working Capital Turn Over terbukti berpengaruh terhadap Net Profit Margin yang dibuktikan oleh hasil uji t dengan thitung > ttabel (– 4,026 > – 2,306). Pada Total Assets Turnover terhadap Net Profit Margin secara parsial terbukti tidak berpengaruh dengan dibuktikan oleh hasil uji t dengan thitung < ttabel (2,289 < 2,306). Setelah itu secara simultan Working Capital Turn Over dan Total Assets Turnover terbukti berpengaruh terhadap Net Profit Margin dengan dibuktikan oleh hasil uji F dengan Fhitung > Ftabel (7,221 > 4,74) yang berarti H1 diterima pada PT. Bukit Asam Tbk. Periode 2011-2020.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Working Capital Turn Over; Total Assets Turnover; Net Profit Margin;
Subjects: Accounting > Financial Reporting
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
General Management
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Rinda Santiani Supriadi
Date Deposited: 29 Sep 2022 04:08
Last Modified: 29 Sep 2022 04:08
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/58461

Actions (login required)

View Item View Item