Gaya hidup mahasiswa penggemar Korean Wave: Penelitian pada mahasiswa di fakultas FISIP UIN Sunan Gunung Djati Bandung Jurusan Sosiologi Angkatan 2018

Azhara, Anisa (2022) Gaya hidup mahasiswa penggemar Korean Wave: Penelitian pada mahasiswa di fakultas FISIP UIN Sunan Gunung Djati Bandung Jurusan Sosiologi Angkatan 2018. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (534kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (437kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB) | Request a copy

Abstract

Korean Wave adalah sebuah istilah yang diberikan untuk penyebaran budaya populer Korea dengan melalui produk-produk hiburan seperti musik, style, drama, makanan, dan lainnya. Adanya Korean Wave di Indonesia ini melahirkan para penggemar Korean Wave, khususnya bagi kalangan anak muda. Dengan tujuan untuk mengikuti trend gaya hidup seperti sekarang ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Latar belakang mahasiswa menggemari Korean Wave, dan 2) Gaya hidup mahasiswa penggemar Korean Wave. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Struktural Konstruktif Pierre Bourdieu. Dengan menggunakan konsep habitus, ranah, modal, kekerasan simbolik, dan strategi. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan metode penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif yaitu penelitian mengenai riset deksriptif dan menggunakan analisis, agar penelitian sesuai dengan fakta dilapangan penelitian memanfaatkan landasan teori. Jenis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu data yang dihasilkan dari wawancara secara langsung dengan mahasiswa jurusan Sosiologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung yang dianggap sesuai dengan kriteria penelitian. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, lalu penarikan kesimpulan dan verifikasi. Tempat penelitian yaitu Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Kesimpulan penelitian ini bahwa gaya hidup mahasiswa penggemar Korean Wave lebih dominan mengarah kepada praktik sosial dalam dunia fashion, dimana praktik sosial mereka saat berpenampilan didasari atas eksistensi diri mereka sendiri dalam kepemilikan barang di dunia fashionnya, dengan meniru gaya make-up, menggunakan waktu luang untuk menonton drama Korea atau K-Pop dan mendengarkan musik K-Pop yang seakan itu semua sudah menjadi sebuah prioritas gaya hidup mereka yang pada akhirnya menjadikan sebuah ciri khas atau identitas diri mereka didalam lingkungannya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: KoreaN Wave; Gaya Hidup
Subjects: Culture and Institutions
Depositing User: Anisa Azhara
Date Deposited: 28 Sep 2022 08:18
Last Modified: 28 Sep 2022 08:18
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/58450

Actions (login required)

View Item View Item