Pengaruh gaya kepemimpinan transformasional kepala madrasah terhadap kinerja tenaga administrasi madrasah: Penelitian di Madrasah Tsanawiyan Negeri se-Kabupaten Bandung Barat

Handayani, Sella Qori Nur (2022) Pengaruh gaya kepemimpinan transformasional kepala madrasah terhadap kinerja tenaga administrasi madrasah: Penelitian di Madrasah Tsanawiyan Negeri se-Kabupaten Bandung Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (405kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (450kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (588kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB) | Request a copy

Abstract

Kepala madrasah sebagai pemimpin di suatu lembaga pendidikan islam mempunyai tanggung jawab untuk dapat menggerakkan seluruh potensi madrasah secara optimal untuk mencapai tujuan. Dalam menjalankan tugasnya, diketahui bahwasanya kepala madrasah di MTs Negeri se-kabpaten Bandung Barat masih belum mendapatkan haknya secara utuh dikarenakan belum mendapatkan Nomor Unik Kepala Madradah (NUKM) yang berakibat pada terpenuhinya tunjangan yang menjadi salah satu penunjang kesejahteraan kepala madrasah. Peneliti ini bertujuan untuk : (1) mengetahui gaya kepemimpinan transformasional kepala madrasah di MTsN se-kabupaten Bandung Barat; (2) mengetahui kinerja tenaga administrasi madrasah di MTsN se-kabupaten Bandung Barat; (3) menemukan pengaruh gaya kepemimpinan transformasional kepala madrasah terhadap kinerja tenaga administrasi madrasah di MTsN se-kabupaten Bandung Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Data pada penelitian ini diperoleh melalui penyebaran angket dengan model skala likert yang terdiri lima jawaban pilihan kepada 34 responden. Adapun teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji instrument (validitas dan reabilitas), uji analisis indikator, uji prasayat analisis (uji normalitas dan linieritas), uji korelasional (uji rank sparman), uji hipotesis (analisis regresi linier sederhana dan uji t), serta uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Penerapan Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Madrasah di MTs Negeri se-Kabupaten Bandung Barat dikategorikan pada kategori tinggi dengan nilai rata-rata sebesar 4,28; (2) Pengukuran Kinerja Tenaga Administrasi Kepala Madrasah di MTs Negeri se-Kabupaten Bandung Barat dapat dikategori pada kategori tinggi dengan nilai rata-rata sebesar 4,27; (3) Hasil dari perhitungan uji korelasi menunjukan angka 0,000 < 0,05 dan angka tersebut menunjukan penelitian ini memiliki hubungan signifikan dengan nilai korelasi koofisien sebesar 0,758 dan termasuk “hubungan sangat kuat”. Pada hasil pengujian regresi linier sederhana diketahui bahwa setiap penambahan 1% tingkat Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Madrasah maka kinerja tenaga administrasi madrasah akan meningkat sebesar 0,215. Selanjutnya, hasil uji parsial (uji-t) menjelaskan bahwa pengaruh kedua variabel menunjukan nilai thitung sebesar 2,096 dan ttabel 2,03693 artinya Ha diterima dan H0 ditolak. Hasil uji koefisien determinasi menunjukan nilai sebesar 0,121 atau yang berarti 12,1% kinerja tenaga administrasi madrasah dipengaruhi oleh kepemimpinan transsformasional kepala madrasah, sedangkan 87,9% lainnyanya dipengaruhi oleh keadaan lain diluar penelitian.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Transformasional; Kinerja;Tenaga Administrasi Madrasah;
Subjects: Education and Research of Literatures
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Sella Qori Nur Handayani
Date Deposited: 28 Sep 2022 03:23
Last Modified: 28 Sep 2022 05:37
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/58382

Actions (login required)

View Item View Item