Pengaruh Earning Per Share (EPS) dan Price Earning Ratio (PER) terhadap harga saham di bursa efek Indonesia (BEI) : Studi pada PT.Bank Panin Dubai Syariah Tbk Tahun 2010-2021

Linanda, Rekha Sukma (2022) Pengaruh Earning Per Share (EPS) dan Price Earning Ratio (PER) terhadap harga saham di bursa efek Indonesia (BEI) : Studi pada PT.Bank Panin Dubai Syariah Tbk Tahun 2010-2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (380kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (500kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (483kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (653kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB) | Request a copy

Abstract

Bank Panin Dubai Syariah ini merupakan salah satu bank yang mempunyai permintaan saham yang tinggi bagi para investor dalam 5 tahun ini. Perkembangan saham oleh para investor tersebut dapat terjadi disebabkan oleh bebrapa faktor yang menjadi pertimbangan investor dalam membeli saham di perusahaan ini. Seperti diketahui bahwa hal-hal yang harus diperhatikan oleh perusahaan maupun investor merupakan faktor fundamental yang ada dalam perusahaan, salah satunya adalah aspek frofitabilitas perusahaan.. Maka dari itu peneliti ingin menganalisis salah satu indikator-indikator dalam aspek profitabilita sdi perusahaan PT Bank Panin Dubai Syariah ini yaitu indikator Earning Per Share (EPS) dan Price Earning Rasio (PER) terhadap Harga saham pada perusahaan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pengaruh indikator-indikator penelitian yaitu Earning Per Share (EPS dan Price Earning Rasio (PER) ini tetrhadap Harga saham di PT.Bank Panin Dubai Syariah Tbk tahun 2010-2021. Metode penelitian dalam analisis kali ini yaitu menggunakan metode deskriptip verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Peneliti menggunakan data sekunder yang diambil dari situs resmi perusahaan PT.Bank Panin Dubai Syariah Tbk (www.paninbanksyariah.co.id). Teknik analisis yang digunakan diantaranya yaitu analisis deskriptif statistik, uji asumsi klasik, regresi linier berganda, uji hipotesis dengan uji t (Parsial) dan uji F (Simultan), serta uji koefisien Determinasi. Menggunakan tingkat signifikasi (α = 5%). Proses analisis data dilakukan dengan menggunakan aplikasi pengolahan data yaitu software IBM SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial hasil uji t pada variabel EPS berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap harga saham, dimana hasil thitung < ttabel (1,738 < 1,782). Begitupun variabel PER memiliki pengaruh positif namun tidak signifikan terhadap harga saham. Dimana thitung < ttabel ( 0,152 < 1,782). Secara simultan variabel EPS maupun PER berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap harga saham secara bersama-sama. Dimana Fhitung < Ftabel (1,639 < 3,89). . Selain itu nilai koefisien determinasi (R2) adalah sebesar 0,267. Hal ini menunjukkan kemampuan variabel independen (Earning Per Share dan Price Earning Rasio) terhadap variabel dependen (Harga Saham) sebesar 26,7% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain diluar variabel penelitian.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Earning Per Share (EPS); Price Earning Rasio (PER); Harga Saham; PT.Bank Panin Dubai Syariah Tbk
Subjects: Econmics > Data Processing and Analysis of Economic
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: Rekha Sukma Linanda
Date Deposited: 28 Sep 2022 03:19
Last Modified: 28 Sep 2022 03:19
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/58366

Actions (login required)

View Item View Item