Pengaruh hasil investasi dan total kontribusi peserta terhadap surplus underwriting studi di PT. Asuransi Sinarmas Syariah (Periode 2012-2021)

Holipah, Sari (2022) Pengaruh hasil investasi dan total kontribusi peserta terhadap surplus underwriting studi di PT. Asuransi Sinarmas Syariah (Periode 2012-2021). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (457kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (621kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (528kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (990kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (25kB) | Request a copy

Abstract

Surplus Underwriting adalah selisih lebih atau kurang total kontribusi peserta ke dalam dana tabarru dikurangi pembayaran santunan/klaim/manfaat, kontribusi reasuransi dan kenaikan penyisihan teknis dalam satu periode tertentu. Underwriting dana tabarru merupakan salah satu tolak ukur yang dapat menunjukkan bagaimana pengelolaan dana peserta pada perusahaan asuransi syariah tersebut. Salah satu faktor yang mempengaruhi Surplus Underwriting adalah Hasil Investasi dan Totak Kontribusi Peserta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh Hasil Investasi secara parsial terhadap Surplus Underwriting; mengetahui apakah ada pengaruh Total Kontribusi Peserta secara parsial terhadap Surplus Underwriting, dan mengetahui besarnya pengaruh Hasil Investasi dan Total Kontribusi Pesserta secara simultan terhadap Surplus Underwriting pada PT Asuransi Sinarmas Syariah Periode 2012-2021. Hasil Investasi memiliki kaitan dengan Surplus Underwriting. Ketika Hasil Investasi semakin besar, maka Surplus Underwriting akan semakin menurun begitupun sebaliknya. Hal yang sama juga terdapat pada hubungan antara Hasil Konstribusi yaitu ketika Total Kontribusi Peserta naik maka Income Before Surplus Underwriting akan naik dan juga sebaliknya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan yang dipublikasikan oleh PT Asuransi Sinarmas Syariah Periode 2012-2021. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, analisis uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi), analisis uji asosiatif (analisis regresi linier, analisis korelasi dan analisis koefisien determinasi) serta analisis uji hipotesis (uji signifikansi parsial (uji t) dan uji signifikansi simultan (uji f). Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial Hasil Investasi berpengaruh signifikan terhadap Surplus Underwriting yang dibuktikan dengan nilai uji t sebesar 4,277. Pada variabel Total Kontribusi Peserta secara parsial berpengaruh tidak signifikan terhadap Surplus Underwriting yang dibuktikan dengan nilai uji t sebesar -0,100. Dan secara simultan Hasil Investasi dan Total Kontribusi Peserta berpengaruh signifikan terhadap Surplus Underwriting dengan nilai uji f sebesar 9,034.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Hasil Investasi; Total Kontribusi Peserta; Surplus Underwriting
Subjects: Insurance > Old Age, Death, Illness, Injury Insurance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: sari holipah
Date Deposited: 30 Sep 2022 07:24
Last Modified: 30 Sep 2022 07:24
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/58353

Actions (login required)

View Item View Item