Pengaruh terapi ikhlas sebagai upaya mengurangi trauma bagi wanita pasca perceraian : Studi kasus di kampung Ciparay Rt 03 Rw 06 Desa Curugkembar kecamatan Curugkembar kabupaten Sukabumi Provinsi Jawa Barat

Nurhasanah, Ai (2022) Pengaruh terapi ikhlas sebagai upaya mengurangi trauma bagi wanita pasca perceraian : Studi kasus di kampung Ciparay Rt 03 Rw 06 Desa Curugkembar kecamatan Curugkembar kabupaten Sukabumi Provinsi Jawa Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (227kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (454kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (458kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB) | Request a copy

Abstract

Di zaman sekarang perceraian merupakan hal yang sudah biasa dijumpai dimasyarakat, begitu pula di daerah Kabupaten Curugkembar. Perceraian semakin banyak menimbulkan dampak negatif daripada dampak positif terlebih pada pihak perempuan. Perempuan yang bercerai memiliki potensi terkena dampak pada fisik dan psikologisnya. Bermacam-macam masalah psikologis, ekonomi, dan sebagainya dialami oleh wanita pasca perceraian mulai dapat mengikhlaskan keadaan yang dialaminya. Setiap wanita mempunyai proses dan cara masing-masinng dalam mengikhlaskan melalui terapi ikhlas. Berdasarkan hal tersebut. Maka, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran terapi ikhlas sebagai upaya mengurangi trauma pada Wanita pasca perceraian, proses serta, dampak dari terapi ikhlas tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dengan pendekatan kuantitatif. Besar sampel untuk survei ini adalah 25 responden. Metode ini bertujuan untuk menjelaskan hubungan sebab akibat dan pengaruh antar variabel melalui pengujian hipotesis. Untuk mengetahui dampak terapi ikhlas terhadap trauma, analisis teknis terhadap data yang diperlukan untuk penelitian ini dilakukan dengan uji statistik. Uji – uji statistik tersebut yaitu Uji validitas, uji reabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, uji korelasi, uji regresi linier sederhana, uji koefesien determinasi dan uji hipotesis. Hasil uji regresi linier sederhana dengan taraf signifikansi uji dua arah 0,05 diperoleh R square 0,368 (36,8%) yang berart terdapat pengaruh positif dari terapi ikhlas (X) terhadap trauma (Y). persamaan regresi diperoleh Y=47.657+0,534X. artinya setiap penambahan nilaiterapi ikhlas 1 poin, hasil nilai signifikansi sebesar 0,020(<0,05) yang artinya bila nilai signifikasi < dari 0,05 maka H1 diterima dan H0 ditolak. Dapat disimpulkan di kampung ciparay terdapat pengaruh terapi ikhlas terhadaptrauma Wanita pasca perceraian, untuk kedepanya semoga semakin sedikit Wanita yang mengalami trauma pasca perceraian.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: pasca perceraian; trauma; terapi; ikhlas
Subjects: Physics > Physicists
Pharmacology and Therapeutics > Therapeutics, Theraphy
Pharmacology and Therapeutics > Theraphists
Pharmacology and Therapeutics > Physical Therapies and Kinds of Therapics
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Ai Nurhasanah
Date Deposited: 28 Sep 2022 03:42
Last Modified: 28 Sep 2022 05:13
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/58347

Actions (login required)

View Item View Item