Peranan kinerja karyawan Baznas dalam meningkatkan kepercayaan muzakki: Studi deskriptif pada Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Bogor

Setiovani, Nisha Azzahra (2022) Peranan kinerja karyawan Baznas dalam meningkatkan kepercayaan muzakki: Studi deskriptif pada Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Bogor. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (1_Cover)
COVER.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text (2_Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text (3_Daftar Isi)
DAFTAR ISI.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text (4_BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (184kB) | Preview
[img] Text (5_BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB) | Request a copy
[img] Text (6_BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB) | Request a copy
[img] Text (7_BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB) | Request a copy
[img] Text (8_Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB) | Request a copy

Abstract

Kepercayaan muzakki merupakan salah satu faktor penting yang dapat meningkatkan penghimpunan dana zakat menjadi lebih optimal. Kualitas jasa (pelayanan) dari kinerja setiap karyawan merupakan kunci dari kepuasan dan kepercayaan muzakki. Dengan mempertahankan kepercayaan muzakki terhadap tata kelola zakat diharapkan akan mendorong orang lain untuk membayar zakat. Hal ini menuntut lembaga zakat khususnya BAZNAS untuk memiliki karyawan yang bekerja secara professional, amanah, transparan serta akuntabel. Kepercayaan dalam penelitian ini didefinisikan sebagai bentuk keyakinan dan kemauan para muzakki untuk menggunakan dan mengandalkan BAZNAS dalam menyalurkan zakatnya. Dan kinerja seorang amil sebagai pengelola zakat dapat mencerminkan kualitas manajemen sebuah Organisasi Pengelola Zakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya yang diterapkan BAZNAS Kota Bogor dalam rangka meningkatkan kepercayaan muzakki, mengetahui disiplin kerja para karyawan, mengetahui bentuk motivasi kerja yang didapat para karyawan dan mengetahui evaluasi yang telah diterapkan oleh BAZNAS Kota Bogor terhadap tingkat kepercayaan muzakki. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder berdasarkan dari observasi, wawancara dan dokumentasi berkaitan dengan peranan kinerja karyawan dalam meningkatkan kepercayaan muzakki. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa peranan kinerja karyawan BAZNAS Kota Bogor, upayanya yaitu: 1) Program Anugerah Zakat, 2) Melakukan komunikasi langsung maupun tidak langsung dengan para muzakki, 3) Menjaga transparansi dana lewat pelaporan Koran Radar Bogor maupun website dan sosial media. Disiplin kerja dapat terlihat dari para karyawan yang bekerja sesuai Standard Operating Procedure (SOP) dan izin jika tidak masuk kerja. Pemberian motivasi oleh atasan saat pengajian rutin bulanan. Serta evaluasi setiap bulan, semester dan tahunan yang membahas dan mencari solusi terhadap beragam kendala sudah efektif. Dari pemaparan hasil penelitian, terbukti BAZNAS Kota Bogor selalu meningkatkan kepercayaan muzakki terhadap BAZNAS berdasarkan adanya peningkatan pada penghimpunan dana ZIS setiap tahunnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kinerja; Kepercayaan; Zakat; Muzakki;
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Role
Labor Economics > Labor Rights, Employee Rights
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Nur Chusnul Chatimah
Date Deposited: 28 Sep 2022 07:21
Last Modified: 28 Sep 2022 07:21
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/58335

Actions (login required)

View Item View Item