Peran Program Keluarga Harapan (PKH) dalam kesejahteraan masyarakat: Studi deskriptif di Desa Sarimukti Kecamatan Cibitung

Febriyanti, Indriyani (2022) Peran Program Keluarga Harapan (PKH) dalam kesejahteraan masyarakat: Studi deskriptif di Desa Sarimukti Kecamatan Cibitung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img] Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (94kB)
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (135kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (64kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IX)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (25kB) | Request a copy

Abstract

Usaha Pemerintah Indonesia untuk penanggulangan kemiskinan yaitu dengan menciptakan Program Keluarga Harapan (PKH) pada tahun 2007. Target awal pemerintah menciptakan PKH itu untuk masyarakat Pra-sejahtera yang ada di Pulau Jawa yang memiliki mobilitas rendah. Seiring berjalannya waktu maka mulai terlihat jelas kenaikan yang signifikan dari hasil program PKH yang diciptakan oleh pemerintah untuk masyarakat Pra-Sejahtera, yang awalnya PKH hanya hadir di Pulau Jawa yang mobilitasnya rendah akhirnya ditambah cakupannya yang lebih luas sampai ke wilayah-wilayah yang mobilitasnya tinggi atau bisa dikatakan program PKH ini sudah hadir diseluruh daerah yang ada di Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui program lebih dalam tentang program keluarga harapan (PKH) kemudiah untuk mengetahui implementasi kegiatan program keluarga harapan dan untuk mengetahui hasil yang dicapai dari program keluarga harapan di Desa Sarimukti Kecamatan Cibitung Kabupaten Bekasi. Teori yang dipakai dalam penelitian ini adalah teori pemberdayaan masyarakat yang dikemukakan oleh Jim Ife. Teori ini membahas bagaimana memberikan sumber daya, kesempatan pengetahuan, dan keterampilan kepada masyarakat untuk meningkatkan kemampuan mereka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk memaparkan dan menjelaskan data-data secara menyeluruh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini mejelaskan bahwa peran Program Keluarga Harapan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Desa Sarimukti Kecamatan Cibitung, yaitu melalui program yang sudah terstruktur dengan baik sesuai aspek-aspek dalam program kesejahteraan sosial. Hasil yang didapat dari Program Keluarga Harapan sudah sangat efektiv, kecukupan bagi penerima manfaat, jumlah bantuan secara merata, adanya respon positif serta tepat sasaran bagi penerimanya dan hasil dari pertemuan peningkatan kemampuan kelompok ialah mendapatkan pengetahuan tentang pentingnya pendidikan anak, tentang mengelola uang dengan baik, tentang menjadi keluarga yang sejahtera, pencegahan dan penanganan stunting, serta tentang perlindungan anak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Peran; Program Keluarga Harapan; Kesejahteraan;
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations
Social Welfare, Problems and Services
Social Welfare, Problems and Services > Problems and Services to The Poor
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Indriyani Febriyanti
Date Deposited: 28 Sep 2022 06:40
Last Modified: 28 Sep 2022 06:41
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/58313

Actions (login required)

View Item View Item