Pengaruh islamicity performance index terhadap profitabilitas perbankan syariah dengan intellectual capital sebagai variabel moderasi studi di PT Banka Syariah Mandiri Tbk Periode 2011-2020

Putri, Risa Phasima (2022) Pengaruh islamicity performance index terhadap profitabilitas perbankan syariah dengan intellectual capital sebagai variabel moderasi studi di PT Banka Syariah Mandiri Tbk Periode 2011-2020. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (191kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (417kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (505kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pengukuran kinerja bank syariah tidak bisa hanya dilihat dari sisi financial performance saja, sehingga diperlukan pengukuran kinerja yang tidak hanya mampu mengungkapkan nilai-nilai materialistiknya saja, namun juga mampu mengungkapkan nilai-nilai spiritual dan sosial yang terkandung dalam bank syariah. Sehingga pengungkapan peningkatan kinerja perbankan syariah dapat dilakukan dengan menggunakan Islamicity Performance Index yang dapat diukur menggunakan indikator Profit Sharing Ratio, Zakat Performance Index, dan Islamic Income Ratio. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh Islamicity Performance Index terhadap Profitabilitas Perbankan Syariah dengan Intellectual Capital sebagai Variabel Moderasi di PT. Bank Syariah Mandiri Tbk periode 2011-2020. Kerangka pemikiran dalam penelitian ini didasarkan pada teori menurut para ahli maupun peneliti terdahulu yang menyatakan bahwa Profit Sharing Ratio, Zakat Performance Index, dan Islamic Income Ratio berpengaruh terhadap profitabilitas dan dapat dimoderasi oleh Intellectual capital. Artinya jika Profit Sharing Ratio, Zakat Performance Index, Islamic Income Ratio, dan Intellectual capital naik maka profitabilitas perusahaanpun akan ikut meningkat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan regresi linier berganda sebagai analisis data. Penelitian ini menggunakan data sekunder pada Bank Syariah Mandiri di Indonesia periode 2011-2020. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis menggunakan alat bantu SPSS for windows versi 24. Hasil penelitian ini menunjukkan indikator profit sharing ratio mempunyai pengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap profitabilitas. Zakat performance ratio mempunyai pengaruh positif serta signifikan terhadap profitabilitas. dan islamic income parsial mempunyai pengaruh negatif serta tidak signifikan terhadap profitabilitas. Intellectual Capital mempunyai pengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap profitabilitas. Intellectual capital tidak memoderasi hubungan antara profit sharing ratio dengan profitabilitas. Intellectual capital dapat memoderasi hubungan antara zakat performance ratio dan islamic income ratio terhadap profitbilitas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Islamicity Performance Index; Profit Sharing Ratio; Zakat Performance Index; Islamic Income Rati; Profitabilitas; Intellectual Capital.
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
General Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Risa Phasima Putri
Date Deposited: 30 Sep 2022 07:22
Last Modified: 30 Sep 2022 07:22
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/58306

Actions (login required)

View Item View Item