Pengaruh aset tetap dan hutang jangka panjang terhadap laba bersih pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) Periode 2010-2021

Maulida, Putria (2022) Pengaruh aset tetap dan hutang jangka panjang terhadap laba bersih pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) Periode 2010-2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar isi.pdf

Download (364kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab 1.pdf

Download (387kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (710kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (442kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (711kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB) | Request a copy

Abstract

Aset tetap dapat diukur dan disediakan sesuai dengan status aset tersebut yang nantinya akan membantu perusahaan menunjukan kinerja yang baik perusahaan kepada para investor. Sehingga dapat menghasilkan peningkatan nama baik perusahaan. Semakin tinggi jumlah pengembalian aset maka semakin tinggi jumlah laba bersih yang tertanam pada total aset. Laba perusahaan juga tidak terlepas dari hutang, melalui penggunaan hutang diharapkan dapat meningkatkan laba yang diperoleh perusahaan sehingga tujuan dari perusahaan dalam meningkatkan laba tercapai. Hutang jangka panjang adalah kewajiban yang harus dipenuhi dalam kurun waktu lebih dari satu tahun. Kemudian laba bersih yaitu seluruh keuntungan yang didapat dari seluruh jumlah selisih pendapatan dan biaya yang sudah dikurangi dan biaya untuk periode tertentu. Tujuan dengan adanya penelitian ini untuk mengetahui apakah berpengaruh aset tetap terhadap laba bersih pada perusahaan pertambangan periode 2010-20221, pengaruh hutang jangka panjang terhadap laba bersih pada perusahaan pertambangan periode 2010-2021 dan apakah berpengaruh aset tetap dan hutang jangka panjang terhadap laba bersih pada perusahaan pertambangan periode 2010-2021. Kerangka teori yang digunakan mengacu pada teori yang menjelaskan bahwa aset tetap dan hutang jangka panjang berpengaruh terhadap laba bersih. Namun laba bersih juga dapat dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.Metode penelitian yang dipakai oleh peneliti adalah metode penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan Pertambangan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII). Purposive sampling yaitu metode sampel yang dipakai dalam penelitian ini dan untuk teknik analisis data yang dipakai adalah statistik deskriptif, analisis linier berganda, uji t, uji F dan Uji koefisien determinasi dengan menggunakan SPSS For Windows versi 26. Berdasarkan hasil penelitian ini bahwa secara parsial pengaruh aset tetap tidak berpengaruh terhadap laba bersih sebesar 5,2%. Hutang jangka panjang secara parsial berpengaruh terhadap laba bersih sebesar 38,4%. Dan secara simultan aset tetap dan hutang jangka panjang berpengaruh terhadap laba bersih pada perusahaan pertambangan sebesar 38,5%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Aset Tetap; Hutang Jangka Panjang; Laba Bersih;
Subjects: Accounting > Financial Reporting
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Putria Maulida
Date Deposited: 29 Sep 2022 02:49
Last Modified: 29 Sep 2022 02:49
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/58282

Actions (login required)

View Item View Item