Pengembangan jiwa kewirausahaan terhadap mitra LIKM dalam pemanfaatan Digital Marketing : Penelitian pada Unit Kegiatan Mahasiswa Lembaga Inkubasi Kewirausahaan Mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Nurhalimah, Siti (2022) Pengembangan jiwa kewirausahaan terhadap mitra LIKM dalam pemanfaatan Digital Marketing : Penelitian pada Unit Kegiatan Mahasiswa Lembaga Inkubasi Kewirausahaan Mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (507kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (410kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (523kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini diangkat dari fenomena yang sering terjadi yakni masih banyak generasi muda yang pengangguran atau tidak memiliki pekerjaan, hal ini disebabkan karena cara berfikir mereka hanya berfokus untuk bekerja di perusahaan. Padahal ketersediaan lapangan pekerjaan diperusahaan sangatlah terbatas. Sebagai mahasiswa seharusnya bisa melihat peluang kesuskesan, dengan itu kemandirian akan mudah diciptakan misalnya dengan berwirausaha. Oleh sebab itu, melalui UKM LIKM diharapkan dapat membantu mahasiswa agar dapat mengembangkan potensinya serta menjadikan mahasiswa mandiri secara finansial yang mampu menciptakan lapangan pekerjaan sendiri. Tujuan dari penelitian ini, yaitu (1) Mengetahui apa yang dilakukan LIKM dalam mengembangkan jiwa kewirausahaan pada Mitranya. (2) Mengetahui Mitra LIKM dalam memanfaatkan Digital Marketing dan (3) Mengetahui bagaimana dampak media sosial bagi Mitra LIKM. Teori yang digunakan pada penelitian ini yaitu teori kewirausaahan dari Salim Siagian. Dalam teorinya beliau mengemukakan bahwa kewirausahaan tak lepas dari karakter seseorang yaitu mereka yang memiliki niat dan kemauan, semangat, berani mengambil risiko, mampu mencari peluang, kreatif dan inovatif serta kemampuan dalam memanajemen diri. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, penelitian ini memberikan gambaran secara cermat mengenai individu dan kelompok tertentu tentang keadaan dan gejala yang terjadi. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Tahap analisis data dalam penelitian ini yaitu pengumpulan data, redaksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pengembangan Jiwa Kewirausahaan dalam Pemanfaatan Digital Marketing adalah pertama, Pengembangan kewirausahaan yang dilakukan pengurus LIKM terdiri dari dua program khusus yaitu mentoring (pendampingan) dan coaching (pembinaan atau bimbingan khusus dari pengurus LIKM kepada mitra LIKM). Kedua, mitra LIKM memanfaatkan digital marketing dengan menggunakan beberapa Media Sosial yaitu Instagram, tiktok, dan shopee. Ketiga, dampak Media Sosial yang dirasakan oleh mitra LIKM untuk perkembangan bisnisnnya yaitu dapat menyesuaikan produk harga dengan pasar, biaya promosi rendah, mempermudah menyebarkan informasi, dan mempermudah menemukan konsumen.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan; Kewirausahaan; Digital Marketing
Subjects: Production, Industrial Economics > Entrepreneurship
Production, Industrial Economics > Economic Development and Growth
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Siti Nurhalimah
Date Deposited: 27 Sep 2022 07:39
Last Modified: 27 Sep 2022 07:39
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/58262

Actions (login required)

View Item View Item