Pengaruh penggunaan media Busy Book terhadap kemampuan berhitung anak usia dini : Kuasi eksperimen pada kelompok B RA At-Taqwa kecamatan Cicalengka kabupaten Bandung

Silviani, Isyfi Nur (2022) Pengaruh penggunaan media Busy Book terhadap kemampuan berhitung anak usia dini : Kuasi eksperimen pada kelompok B RA At-Taqwa kecamatan Cicalengka kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (235kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (410kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (551kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bermula dari ditemukannya permasalahan di RA At-Taqwa Cicalengka Kabupaten Bandung di mana kemampuan berhitung anak belum berkembang dengan baik sesuai dengan standar tingkat pencapaian perkembangan anak. Anak belum dapat menyebutkan dan menunjukkan lambang bilangan 1-10 ditunjukkan dengan nilai rata-rata sebesar 54 yang artinya bahwa kemampuan berhitungnya mulai berkembang. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan berhitung anak pada umumnya belum mencapai tingkat perkembangannya, sehingga perlu adanya kegiatan pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan berhitung anak agar dapat berkembang lebih optimal. Salah satu kegiatan pembelajaran yang dapat membantu agar kemampuan berhitung anak dapat berkembang dengan baik yaitu melalui penggunaan media busy book. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Kemampuan berhitung anak melalui penggunaan media busy book pada kelas eksperimen; 2) Kemampuan berhitung anak melalui penggunaan media kartu angka pada kelas kontrol; dan 3) Perbedaan kemampuan berhitung anak terhadap penggunaan media busy book dan media kartu angka. Penelitian ini didasari oleh suatu pemikiran bahwa bagi anak usia dini belajar dilakukan melalui pembelajaran dan kegiatan yang menyenangkan seperti bermain dengan benda nyata. Dalam mengembangkan kemampuan berhitung pada anak diperlukan media pembelajaran yang bervariasi yaitu dapat dilakukan dengan bermain menggunakan media busy book. Busy book adalah sebuah media pembelajaran yang interaktif terbuat dari kain (terutama dari kain flannel) yang dibentuk menjadi sebuah buku dengan waran-warna cerah, berisi aktivitas permainan sederhana yang mampu merangsang kemampuan motorik halus anak seperti memasang kancing, mencocokkan warna atau bentuk, dan menjahit. Adapun hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat perbedaan kemampuan berhitung anak antara penggunaan media busy book dengan media kartu angka di Kelompok B RA At-Taqwa Cicalengka Bandung. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuasi eksperimen dengan desain non equivalent control group design. Subjek pada penelitian ini adalah anak kelompok B RA At-Taqwa Cicalengka Bandung sebanyak 12 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan analisis komparasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berhitung dengan menggunakan media busy book diperoleh nilai rata-rata pretest 69,5 dengan kategori cukup dan hasil postest diperoleh nilai rata-rata sebesar 83,5 dengan kategori sangat baik. Sedangkan kemampuan berhitung dengan penggunaan media kartu angka diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 65,5 dengan kategori cukup dan hasil postest diperoleh nilai rata-rata 70,33 dengan kategori baik. Kemampuan berhitung anak antara menggunakan media busy book dengan media kartu angka menunjukkan perbedaan yang signifikan. Hal ini dibuktikan melalui uji t yang menunjukkan thitung = 3,56 ˃ ttabel = 2,228 pada taraf signifikansi 5%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media Busy Book; Kemampuan Berhitung; Anak Usia Dini
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Isyfi Nur Silviani
Date Deposited: 29 Sep 2022 03:05
Last Modified: 29 Sep 2022 03:05
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/58250

Actions (login required)

View Item View Item