Peran Badan Amil Zakat Nasional dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat melalui program Zmart : Studi deskriptif di Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Bandung Barat

Jihan, Zulfa Nur (2022) Peran Badan Amil Zakat Nasional dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat melalui program Zmart : Studi deskriptif di Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Bandung Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (615kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (502kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (613kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB) | Request a copy

Abstract

Kemiskinan merupakan suatu fenomena permasalahan sosial di kalangan masyarakat, akibat keterbatasannya kemampuan yang dimilikinya membuat individu dan masyarakat menjadi lemah dan belum mencapai kemandirian dalam hidupnya. Sehingga mereka membutuhkan kekuatan atau daya dan pemberdayaan salah satu proses untuk mencapai masyarakat yang mandiri. BAZNAS sendiri merupakan suatu lembaga pengelolaan zakat yang akan menyalurkan dana zakatnya kepada delapan asnaf dan juga kepada orang-orang yang membutuhkannya. Adapun program BAZNAS dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat yaitu program Zakat Mart (ZMart) yang bekerja sama dengan Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) BAZNAS Kabupaten Bandung Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi program ZMart dalam melaksanakan pemberdayaan dana zakat melalui program ZMart untuk membantu para penerima manfaat program berupa bantuan modal usaha, branding, dan pendampingan. Mengetahui outcome atau hasil dari program ZMart yang dilaksanakan dengan pembinaan yang dilakukan oleh pendamping program. Landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pemberdayaan yang dikemukakan oleh Edi Suharto bahwasannya pemberdayaan merupakan sebuah proses dan tujuan, yaitu rangkaian kegiatan yang bertujuan untuk memperkuat daya atau keberdayaan suatu kelompok rentan dalam masyarakat. Tujuan pemberdayaan melihat terhadap suatu keadaan atau hasil yang akan dicapai oleh sebuah perubahan sosial yaitu, masyarakat yang berdaya, memiliki kekuatan dan pengetahuan, memiliki kemampuan untuk menyampaikan aspirasi, memiliki mata pencaharian, melaksanakan tugas dan kewajiban dalam kehidupan secara mandiri, dan berpartisipasi dalam kegiatan sosial. Motode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: Upaya pemberdayaan pada program Zakat Mart (ZMart) yang dilakukan oleh BAZNAS Kabupaten Bandung Barat. Program ini berupa bantuan modal usaha, branding, pembinaan dan pendampingan. Dampak program ZMart dalam pertumbuhan ekonomi masyarakat. Hasil yang diperoleh dari program ZMart para penerima manfaat mendapatkan penghasilan lebih, dan mendapatkan ilmu pengetahuan dari pelatihan dan pendampingan. Peran BAZNAS dalam pemberdayaan masyarakat melalui program ZMart ini yaitu untuk meningkatkan potensi ekonomi, meningkatkan etos kerja dan keterampilan dalam pengelolaan usaha ritel.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan; Kemiskinan; Zakat; Pertumbuhan Ekonomi; Program ZMart
Subjects: Production, Industrial Economics > Economic Development and Growth
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Zulfa Nur Jihan
Date Deposited: 27 Sep 2022 07:42
Last Modified: 27 Sep 2022 07:42
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/58247

Actions (login required)

View Item View Item