Pengaruh konseling karir terhadap penanganan masalah Quarter-life Crisis dikalangan mahasiswa : Penelitian terhadap mahasiswa jurusan Pendidikan Agama Islam semester VIII di STAIPI Bandung

Octavianie, Fanny (2022) Pengaruh konseling karir terhadap penanganan masalah Quarter-life Crisis dikalangan mahasiswa : Penelitian terhadap mahasiswa jurusan Pendidikan Agama Islam semester VIII di STAIPI Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (114kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (368kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (83kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB) | Request a copy

Abstract

Usia 20-30 tahun merupakan usia rentan mengalami masalah. Individu yang tidak mampu melewati tahap perkembangan ini dengan baik akan menghadapi berbagai persoalan dan mulai mengalami berbagai masalah psikologis karena terus terombang-ambing dalam ketidak-pastian yang disebut quarter-life crisis. Permasalahan tersebut biasanya hadir dalam kehidupan mahasiswa. Mahasiswa biasanya menghadapi masalah akademis juga tuntutan dari orangtua terhadap langkah apa yang akan diambil nanti setelah lulus. Konseling karir menjadi solusi serta upaya dalam menangani masalah yang hadir dikalangan mahasiswa. Konseling karir dapat dijadikan sebagai langkah antisipasi untuk mempersiapkan mahasiswa yang akan terjun ke dalam dunia kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan layanan konseling karir dikalangan mahasiswa STAIPI Bandung, penanganan masalah quarter-life crisis dikalangan mahasiswa STAIPI Bandung dan seberapa besar pengaruh konseling karir terhadap penangan masalah quarter-life crisis dikalangan mahasiswa STAIPI Bandung. Penelitian ini bertolak pada pemikiran bahwa terdapat tiga metode konseling karir yaitu layanan orientasi, layanan informasi dan layanan konseling individu, dengan bantuan konseling karir mahasiswa mampu menangani permasalahan quarter-life crisis dengan baik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei yaitu mengeksplorasi populasi dan sampel, mengumpulkan data menggunakan instrumen penelitian, dan mengevaluasi data kuantitatif atau statistik untuk menguji hipotesis mengenai pengaruh konseling karir terhadap penanganan masalah quarter-life crisis dikalangan mahasiswa. Adapun teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan kuesioner/angket. Berdasarkan hasil penelitian, penerapan layanan konseling karir dikalangan mahasiswa STAIPI Bandung cukup baik karena memakai layanan orientasi, informasi dan konseling individu sebagai metodenya. Untuk penanganan masalah quarter-life crisis dikalangan mahasiswa STAIPI Bandung cukup baik karena mahasiswa diberikan konseling individu untuk mengemukakan permasalahannya dan berbagai informasi. Adapun pengaruh konseling karir terhadap penanganan masalah quarter-life crisis dikalangan mahasiswa STAIPI Bandung sebesar 20%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: konseling karir; quarter-life crisis; mahasiswa
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Welfare
Higher Education, Universities
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Fanny Octavianie
Date Deposited: 27 Sep 2022 03:29
Last Modified: 27 Sep 2022 03:29
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/58232

Actions (login required)

View Item View Item