Peran komunikasi empatik guru BK dalam melayani keterbukaan masalah siswa MAN 2 Bandung

Elmira, Maurin (2022) Peran komunikasi empatik guru BK dalam melayani keterbukaan masalah siswa MAN 2 Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (396kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (80kB) | Request a copy

Abstract

Komunikasi Empatik adalah sebuah proses komunikasi yang menunjukkan adanya saling pengertian antara pengirim pesan dan penerima pesan yang melibatkan perasaan emosional (Masturi, 2010:4). Dalam prosesnya, ada beberapa tingkatan dalam mendengarkan, salah satunya yaitu mendengarkan dengan empatik. Belakangan ini sebagian besar orang tidak mendengarkan dengan empatik. Sedangkan, untuk menjalani profesi sebagai Guru BK dibutuhkan untuk bisa mendengarkan dengan empatik karena dinilai berperan besar dalam mencapai tujuan konseling. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui : (1) Pedoman Komunikasi Empatik Guru BK MAN 2 Bandung dalam Proses Bimbingan dan Konseling Membangun Keterbukaan Masalah Siswa, (2) Tujuan Pokok Komunikasi Empatik Guru BK MAN 2 Bandung dalam Proses Bimbingan dan Konseling Membangun Keterbukaan Masalah Siswa, dan (3) Fungsi Komunikasi Empatik Guru BK MAN 2 Bandung dalam Proses Bimbingan dan Konseling Membangun Keterbukaan Masalah Siswa. Landasan pemikiran komunikasi empatik dinilai mempunyai peran besar dalam membuat siswa merasa di dengarkan dan pada akhirnya siswa terbuka dalam menceritakan masalahnya. Hal ini akan memudahkan pekerjaan Guru BK dalam menganalisis masalah siswa untuk menemukan solusi atas masalah tersebut. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik penentuan keabsahan data melalui perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan dan trianggulasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa Guru BK MAN 2 Bandung menerapkan komunikasi empatik dalam memberikan layanan bimbingan dan konseling kepada siswa yang mempunyai masalah pribadi, sosial, belajar dan karir. Komunikasi empatik yang dilakukan Guru BK MAN 2 Bandung membuahkan hasil yang baik. Komunikasi empatik mempunyai peran membangun siswa menjadi terbuka dalam menceritakan masalahnya sehingga proses layanan bimbingan dan konseling berjalan lancar dan mencapai tujuan konseling.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Peran; Komunikasi Empatik; Guru BK; Masalah Siswa
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Maurin Elmira
Date Deposited: 27 Sep 2022 03:34
Last Modified: 27 Sep 2022 03:34
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/58228

Actions (login required)

View Item View Item