Pengaruh rasio likuiditas dan rasio beban klaim terhadap tingkat solvabilitas pada perusahaan asuransi jiwa syariah studi pada unit usaha syariah PT. Asuransi jiwa Manulife Indonesia periode 2011-2021

Nisa, Siti Naziatun (2022) Pengaruh rasio likuiditas dan rasio beban klaim terhadap tingkat solvabilitas pada perusahaan asuransi jiwa syariah studi pada unit usaha syariah PT. Asuransi jiwa Manulife Indonesia periode 2011-2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (395kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (497kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (976kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (690kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (747kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (39kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena mulai meningkat nya minat masyarakat mengenai industri keuangan syariah. Salah satu industri yang memiliki peluang besar untuk membantu perekonomian negara dalam sektor syariah adalah Industri keuangan non bank (IKNB) syariah. Asuransi syariah merupakan salah satu bagian dari IKNB. Dengan ini diangkatlah permasalahan yang berkaitan dengan asuransi syariah mengenai kesehatan keuangan perusahaan asuransi, yang dalam hal ini dilihat dari laporan keuangan UUS PT. Asuransi Jiwa Manulife Indonesia yang mengalami fluktuasi. Dalam asuransi terdapat istilah early warning system yang digunakan untuk memberikan peringatan dini terhadap keuangan asuransi. Hal ini akan mempengaruhi Tingkat Solvabilitas karena mencerminkan kondisi keuangan perusahaan secara spesifik. Rasio yang digunakan diantaranya adalah rasio likuiditas dan rasio beban klaim. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh rasio likuiditas secara parsial terhadap tingkat solvabilitas, pengaruh rasio beban klaim terhadap tingkat solvabilitas dan pengaruh rasio likuiditas dan rasio beban klaim secara simultan terhadap tingkat solvabilitas pada perusahaan asuransi syariah. Perusahaan yang dipilih sebagai bahan penelitian adalah UUS PT. Asuransi Jiwa Manulife Indonesia dalam periode 2011-2021. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang menggunakan data sekunder dari laporan keuangan tahunan periode 2011-2021. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis uji asumsi klasik, analisis uji asosiatif dan pengujian hipotesis menggunakan uji t dan uji f. adapun pengujian data menggunakan SPSS For Windows Version 28.0. Hasil penelitian menyebutkan bahwa hasil uji t pada rasio likuiditas berpengaruh negatif tidak signifikan tehadap tingkat solvabilitas dengan nilai signifikasi 0,790>0,05 dan dan thitung < ttabel (-0,276 < 2,262). Lalu rasio beban klaim memiliki pengaruh positif tidak signifikan dengan nilai signifikasi 0,161> 0,05 dan thitung < ttabel (1,545 < 2,262). Sedangkan hasil uji f menyebutkan bahwa rasio likuiditas dan rasio beban klaim secara bersama-sama memiliki pengaruh yang positif tidak signifikan dengan nilai signifikasi 0,119 > 0,05 dan fhitung < ftabel (2,807 < 4,46).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Asuransi Syariah; Rasio Likuiditas; Rasio Beban Klaim; Tingkat Solvabilitas
Subjects: Financial Economics, Finance
Financial Economics, Finance > Personal Finance
Numerical Analysis
Accounting
Accounting > Financial Reporting
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Siti Naziatun Nisa
Date Deposited: 27 Sep 2022 02:31
Last Modified: 27 Sep 2022 02:31
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/58216

Actions (login required)

View Item View Item