Implementasi pendistribusian dana ZIS melalui program Rumah Singgah Cariu dalam pemberdayaan Yatim dan Dhuafa: Studi deskriptif di KSPPS BMT Berkah Mandiri Sejahtera Cabang Cariu Kab. Bogor

Aripin, Anggi Januar (2022) Implementasi pendistribusian dana ZIS melalui program Rumah Singgah Cariu dalam pemberdayaan Yatim dan Dhuafa: Studi deskriptif di KSPPS BMT Berkah Mandiri Sejahtera Cabang Cariu Kab. Bogor. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (542kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (634kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (803kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (456kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (33kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (38kB) | Request a copy

Abstract

Zakat, infak dan sedekah merupakan salah satu bukti atas kepedulian dan kesempurnaan dalam agama Islam untuk menyelesaikan problem kehidupan bermasyarakat. Dalam perannya, zakat, infak dan sedekah memiliki persamaan memberikan kontribusi yang signifikan dalam mensejahterakan dan pengentasan kemiskinan. Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah BMT Berkah Mandiri Sejahtera adalah lembaga yang menyelenggarakan kegiatan sosial, menghimpun dan menyalurkan dana zakat, infak, dan sedekah melalui program rumah singgah cariu dengan tujuan untuk memberdayakan yatim dan dhuafa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui perencanaan dan mekanisme pendistribusian dana zakat, infak dan sedekah untuk program rumah singgah cariu. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Nurdin dan Usman yang mendefinisikan implementasi ialah suatu kegiatan, aksi, tindakan, atau mekanisme yang mengarah pada sistem. Implementasi bukan hanya sekedar kegiatan, tetapi merupakan suatu kegiatan yang terprogram agar mencapai tujuan sesuai dengan program yang direncanakan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif serta dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi langsung ke tempat penelitian, wawancara langsung dengan narasumber yang bersangkutan dan mengambil dokumentasi yang berkaitan dengan implementasi pendistribusian dana zakat, infak dan sedekah melalui program rumah singgah cariu dalam pemberdayaan yatim dan dhuafa. Hasil penelitian menunjukan bahwa BMT Berkah Mandiri Sejahtera telah menerapkan fungsi implementasi pendistribusian dana zakat, infak dan sedekah program rumah singgah cariu sesuai dengan perencanaan yang sudah ditetapkan, meliputi melakukan tindakan perkiraan, menentukan tujuan, program, prosedur dan anggaran. Mekanisme pendistribusian dana zakat, infak dan sedekah pada program rumah singgah cariu dilakukan langsung oleh pihak BMT Berkah Mandiri Sejahtera dan dibantu oleh relawan dan dalam pelaksanaan program memiliki beberapa kegiatan dalam penyaluran dana zakat, infak dan sedekah seperti kegiatan pada bidang pendidikan, kesehatan dan amal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Implementasi; Pendistribusian; ZIS;
Subjects: Islam > Zakat
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Penerima Zakat, Mustahiq
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Shadaqah, Sedekah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Anggi Januar Aripin
Date Deposited: 27 Sep 2022 04:15
Last Modified: 27 Sep 2022 04:15
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/58211

Actions (login required)

View Item View Item