Penerapan metode sosiodrama pada mata pelajaran PAI untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa : Penelitian Quasy Eksperimen pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Wanaraja materi jujur dan adil

Falah, Juliana Yusron Nasrul (2022) Penerapan metode sosiodrama pada mata pelajaran PAI untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa : Penelitian Quasy Eksperimen pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Wanaraja materi jujur dan adil. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (273kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (364kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (74kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (77kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan di SMP Negeri 1 Wanaraja pada dasarnya guru mata pelajaran PAI telah menerapkan berbagai macacm metode pembelajaran mulai dari presentasi, diskusi dan ceramah. Namun pada kenyataanya masih banyak siswa yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Peneliti menemukan siswa SMP Negeri 1 Wanaraja yang terbiasa dengan guru sebagai pusat pembelajaran sedangkan siswa hanya pasif sebagai penerima materi, maka dari itu peneliti tertarik untuk menerapkan metode sosiodrama dimana siswa ditekankan untuk lebih aktif dalam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti. Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mendeskripsikan proses penerapan Metode sosiodrama pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII SMP Negeri 1 Wanaraja. 2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII SMP Negeri 1 Wanaraja setelah menggunakan metode sosiodrama. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran yang menyatakan bahwa salah satu faktor penting dalam meningkatkan minat belajar siswa adalah penerapan metode pembelajaran yang menarik salah satunya adalah sosiodrama. Sosiodrama sebagai salah satu cara menampilkan bahan pelajaran dengan mendramatisasikan suatu kegiatan dalam ikatan sosial dengan sesuatu masalah agar siswa bisa mencari solusi permasalahan yang ada. Penelitian ini menggunakan pendekatan secara kuantitatif dan metode quasy eksperimen dengan desain non ekuivalen kontrol. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII I dan VIII J SMP Negeri 1 Wanaraja. Alat pengumpulan datan menggunakan observasi, tes objektif dan dokumentasi. Perolehan data kuantitaif yaitu dengan analisis statistik dan data kualitatif dengan analisis logika adapun teknis analisis datanya yaitu : analisis deskriptif, uji normalitas data, uji homoginitas varians, uji t dan uji gain. Hasil penelitian menunjukan diperolehnya 1) Penerapan metode sosiodrama dilaksanakan sebanyak 2 kali pertemuan terlaksana dengan baik berdasarkan hasil rata-rata observasi sebesar 74,10%. Penerapan sosiodrama telah terlaksana dengan baik akan tetapi terdapat faktor luar yang mempengaruhi minat belajar siswa yaitu banyaknya siswa yang mengobrol saat sosiodrama berlangsung. 2)Peningkatan hasil belajar kognitif siswa setelah menggunakan metode sosiodrama meningkat dengan kategori sedang berdasarkan N-Gain sebesar 0,39. Berdasarkan hasil perhitungan uji t diperoleh t-hitung 2,012 dan t-tabel 2,007 berdasarkan hasil ini t-hitung> t-tabel, yaitu 2,012 > 2,007, maka terdapat peningkatan hasil belajar kognitif siswa yang mengikuti pembelajaran PAI melalui metode sosiodrama. Berdasarkan uji 2 rata-rata diperoleh sebesar 0,049 sehingga terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kognitif siswa pada kelas eksperimen dan kontrol. Dilihat dari hasil belajar yang diperoleh berada pada kategori sedang akan tetapi terdapat faktor luar yang mempengaruhi hasi belajar siswa yaitu tingkat pemahaman siswa yang berbeda terhadap materi yang diajarkan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: PAI; Sosiodrama; Hasil belajar kongitif
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Al-Hadits dan yang Berkaitan > Cerita-cerita Hadits
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Juliana Yusron Nasrul Falah
Date Deposited: 27 Sep 2022 02:41
Last Modified: 27 Sep 2022 02:41
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/58200

Actions (login required)

View Item View Item