Pengaruh syukur terhadap Body Image: Penelitian pada mahasiswi UIN Sunan Gunung Djati Bandung Jurusan Tasawuf Psikoterapi Angkatan 2018

Fauziah, Salwa Siti (2022) Pengaruh syukur terhadap Body Image: Penelitian pada mahasiswi UIN Sunan Gunung Djati Bandung Jurusan Tasawuf Psikoterapi Angkatan 2018. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftarisi.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (244kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (80kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftarpustaka.pdf

Download (149kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini memiliki tiga tujuan yaitu; yang pertama, untuk mengetahui tingkatan syukur mahasiswi Tasawuf Psikoterapi Angkatan 2018; kedua, untuk mengetahui seberapa pedulinya mahasiswi Tasawuf Psikoterapi Angkatan 2018 terkait Body Image; dan yang ketiga, untuk mengetahui pengaruh syukur terhadap body image mahasiswi Tasawuf Psikoterapi Angkatan 2018. Landasan teori dalam penelitian ini yaitu syukur dan body image. Untuk landasan teori syukur peneliti mengambil menggunakan aspek syukur dari imam Al-Ghazali yaitu Ilmu, Spiritual, dan Amal Perbuatan. Sedangkan untuk body imagenya menggunakan aspek dari Cash tentang Multidimensional Body Self Relation Questionnaire-Appearance Scales yaitu evaluasi penampilan, orientasi penampilan, kepuasan terhadap bagian tubuh, kecemasan menjadi gemuk, pengkategorian ukuran tubuh. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskrifptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, dan dokumentasi. Sampel yang digunakan berjumlah 76 mahasiswi. Syukur sebagai variabel X, dan body image sebagai variabel Y. Teknik analisis data yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas data, dan uji hipotesis. Hipotesis yang diajukan adalah Ho: Tidak adanya pengaruh sigfikansi dari syukur terhadap body image mahasiswi jurusan tasawuf psikoterapi UIN Sunan Gunung Djati angaktan 2018, Ha: Adanya pengaruh sigfikansi dari syukur terhadap body image mahasiswi jurusan tasawuf psikoterapi UIN Sunan Gunung Djati angaktan 2018. Hasil penelitian ini yaitu, pertama, tingkat syukur mahasiswi tasawuf psikoterapi masuk kedalam kategori baik dengan nilai 80,4%. Kedua, kepedulian mahasiswi terkait body image terdapat 37 mahasiswi sangat peduli, 34 mahasiswi peduli, dan 5 mahasiswi tidak peduli terkait body image. Ketiga, terdapat pengaruh yang signifikan syukur terhadap body image, dibuktikan dengan nilai thitung 9,512 lebih dari ttabel 1,991 maka dari itu tolak Ho = 9.512 > 1.991, sumbangan pengaruh yang diberikan sebesar 0,550 atau 55,0% dan masuk dalam kategori tinggi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Body Image; Mahasiswi; dan Syukur
Subjects: The Self
Sensory Perception, Movement, Emotions, Physiological Drives > Sensory Perception
Differential and Developmental Psychology > Individual Psychology, Characters
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Salwa Siti Fauziah
Date Deposited: 29 Sep 2022 08:21
Last Modified: 29 Sep 2022 08:21
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/58195

Actions (login required)

View Item View Item