Bimbingan membaca Al-Qur'an dengan metode Qiro'ati : Penelitian di SDIT Insan Sejahtera Kabupaten Sumedang

Fitriyani, Indi (2022) Bimbingan membaca Al-Qur'an dengan metode Qiro'ati : Penelitian di SDIT Insan Sejahtera Kabupaten Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (306kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (495kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (434kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (78kB) | Request a copy

Abstract

Kewajiban seorang muslim terkait Al-Qur’an sebagai kitab suci yang diturunkan oleh Allah SWT adalah dengan membacanya. Namun pada kenyataannya menunjukkan bahwa masih banyak umat muslim yang kesulitan dalam membaca Al-Qur’an. Sementara membaca Al-Qur’an dengan tidak memperhatikan kaidah-kaidahnya akan mendatangkan dosa bagi orang tersebut dan sebaliknya jika dibaca dengan baik dan benar sesuai dengan kaidahnya maka akan bernilai ibadah. Maka untuk mengatasi hal ini banyak bermunculan metode-metode membaca Al-Qur’an yang disusun dengan tujuan untuk memudahkan dalam membaca Al-Qur’an salah satunya adalah metode Qiro’ati. Metode-metode ini banyak diterapkan di berbagai lembaga baik lembaga formal maupun non formal seperti penggunaan metode Qiro’ati di SDIT Insan Sejahtera. Penelitian ditujukan untuk mengetahui bagaimana program bimbingan membaca Al-Qur’an dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa SDIT Insan Sejahtera mulai dari persiapan, pelaksanaan hingga hasil dari proses bimbingan membaca Al-Qur’an dengan metode Qiro’ati. Penelitian ini diland askan pada landasan pemikiran bahwa bimbingan membaca Al-Qur’an bertujuan untuk memberikan bantuan kepada seseorang yang mengalami kesulitan dalam membaca Al-Qur’an agar kemampuan membaca Al-Qur’annya menjadi berkembang sehingga mampu membaca Al-Qur’an sesuai dengan kaidahnya dan mendatangkan pahala ibadah baginya serta dihindarkan dari dosa akibat kesalahan dalam membaca Al-Qur’an. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Karena penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan situasi dan kondisi sosial dari objek penelitian. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara langsung kepada pembimbing dan pimpinan Qiro’ati serta kepada siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bimbingan membaca Al-Qur’an dengan metode Qiro’ati memberikan dampak yang baik karena siswa terbukti mengalami peningkatan kualitas bacaan Al-Qur’an yang dibuktikan pula dengan nilai ijazah Qiro’ati. Metode Qiro’ati membuat siswa fasih dalam membaca Al-Qur’an sesuai dengan kaidah yang berlaku

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan dan Konseling Islam; Bimbingan Keagamaan; Bimbingan Membaca Al-Qur'an; Metode Bimbingan Islam
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Indi Fitriyani
Date Deposited: 27 Sep 2022 02:07
Last Modified: 27 Sep 2022 02:07
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/58190

Actions (login required)

View Item View Item