Pengaruh kebijakan utang dan kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan: Studi pada perusahaan sub sektor property dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2020

Oktaviana, Mia (2022) Pengaruh kebijakan utang dan kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan: Studi pada perusahaan sub sektor property dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2020. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (544kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (623kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (884kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (984kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya masalah pada nilai perusahaan Sub Sektor Property Dan Real Estate yang mengalami perkembangan fluktuatif pada periode 2016-2020, yang diduga dipengaruhi oleh kebijakan utang dan dividen. Selain itu terdapat beberapa perbedaan dari hasil penelitian terdahulu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kebijakan utang (debt to asset ratio) dan kebijakan dividen (dividen payout ratio) terhadap nilai perusahaan baik secara parsial maupun simultan pada perusahaan sub sektor property dan real estate yang terdaftar di bursa efek indonesia periode 2016-2020. Kebijakan utang dapat menilai besarnya modal perusahaan yang bersumber dari utang, semakin besar utang maka akan semakin besar nilai perusahaan namun utang yang terlalu besar juga akan menurunkan nilai perusahaan. Kebijakan dividen dapat menilai besarnya laba yang dibagikan kepada pemegang saham, semakin besar dividen maka akan semakin tinggi nilai perusahaan namun dividen yang terlalu besar juga akan menurunkan nilai perusahaan. Maka kebijakan utang dan kebijakan dividen dapat berpengaruh positif maupun negatif pada nilai perusahaan. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Jenis data yang digunakan yaitu data kuntitatif. Sumber data dalam penelitian menggunakan data sekunder. Sampel yang digunakan berjumlah 9 perusahaan dari 83 populasi perusahaan yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan studi kepustakaan dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi analisis deskriptif, analisis regresi data panel menggunakan fixed effect model, uji hipotesis yang terdiri dari uji t dan uji F, serta uji koefisien determinasi. Pengolahan data dibantu dengan software Eviews 9. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial kebijakan utang tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan dengan nilai t-hitung -1,324819 serta nilai probabilitas 0,1870. Kebijakan dividen secara parsial berpengaruh signifikan dengan arah negatif terhadap nilai perusahaan dengan nilai t-hitung (-)3,837194 dan nilai probabilitas 0,0002. Secara simultan kebijakan utang dan kebijakan dividen berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan dengan nilai Fhitung 22,31665 dan nilai probabilitasnya 0,000000. Hasil pengujian koefisien determinasi memiliki nilai Adjusted R-squared 0,543561 (54,35%). Sehingga,kemampuan variabel independen dapat menjelaskan variabel dependen sebesar54,35%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kebijakan utang; kebijakan dividen; nilai perusahaan;
Subjects: General Management
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Mia Oktaviana
Date Deposited: 27 Sep 2022 02:10
Last Modified: 27 Sep 2022 02:10
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/58182

Actions (login required)

View Item View Item