Pengaruh Earning Per Share (EPS) dan Net Profit Margin (NPM) terhadap Dividend Payout Ratio (DPR) pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) : Studi di PT. Bukit Asam Tbk Periode 2011-2020)

Sahidan, Muhamad Aji Harries (2022) Pengaruh Earning Per Share (EPS) dan Net Profit Margin (NPM) terhadap Dividend Payout Ratio (DPR) pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) : Studi di PT. Bukit Asam Tbk Periode 2011-2020). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (186kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (538kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (573kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (80kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (82kB) | Request a copy

Abstract

Ekonomi global yang maju begitu pesat membuat kondisi perekonomian Indonesia mengalami peningkatan bisnis salah satunya di sektor pasar modal mulai timbul kesadaran dalam berinvestasi saham. Sebagai investor sangat berkaitan erat dengan Informasi di laporan keuangan karena merupakan faktor yang sangat fundamental untuk mengetahui seberapa besar kemampuan perusahaan dalam menghasilkan Earning Per Share (EPS) dan Net Profit Margin (NPM) dengan jumlah saham yang ada di perusahaan. Pada akhirnya para investor bisa melihat seberapa besar tingkat pengembaliannya dalam berupa Dividend Payout Ratio (DPR). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh Earning Per Share (EPS) secara parsial terhadap Dividend Payout Ratio (DPR) pada PT. Bukit Asam Tbk periode 2011-2020, kemudian untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh Net Profit Margin (NPM) terhadap Dividend Payout Ratio (DPR) pada PT. Bukit Asam Tbk periode 2011-2020 secara parsial, dan untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh Earning Per Share (EPS) dan Net Profit Margin (NPM) terhadap Dividend Payout Ratio (DPR) pada PT. Bukit Asam Tbk periode 2011-2020 secara simultan. Metode Penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Jenis data yang digunakan merupakan data sekunder dari laporan tahunan 2011 - 2020. Analisis data menggunakan metode deskriptif, analisis regresi (linier, berganda), analisis korelasi, analisis koefiesien determinasi, uji hipotesis (uji t dan uji f). Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial tidak terdapat pengaruh signifikan antara Earning Per Share (EPS) terhadap Dividend Payout Ratio (DPR) yang dibuktikan oleh hasil uji t sebesar -0,236 dengan besar nilai koefisien determinasi sebesar 0,7%. Secara parsial tidak terdapat pengaruh signifikan antara Net Profit Margin (NPM) terhadap Dividend Payout Ratio (DPR) yang di buktikan dengan uji t sebesar 0,07 dan besar nilai koefisien determinasi sebesar 0,1%. Selanjutnya secara simultan secara simultan Earning Per Share (EPS) dan Net Profit Margin (NPM) terhadap Dividend Payout Ratio (DPR) tidak terdapat pengaruh signifikan, hal ini ditunjukan oleh nilai fhitung sebesar 0,036 dan koefisien determinasi sebesar 1% pada PT. Bukit Asam Tbk. Periode 2011-2020.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Earning Per Share (EPS); Net Profti Margin (NPM); Dividend Payout Ratio (DPR)
Subjects: Econmics > Data Processing and Analysis of Economic
Accounting > Financial Reporting
General Management
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Muhamad Aji Harries Sahidan
Date Deposited: 29 Sep 2022 06:54
Last Modified: 29 Sep 2022 06:54
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/58175

Actions (login required)

View Item View Item