Pengaruh Current Ratio dan Debt to Equity Ratio terhadap harga saham: Pada PT. Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk periode 2013-2020

Melinda, Sri (2022) Pengaruh Current Ratio dan Debt to Equity Ratio terhadap harga saham: Pada PT. Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk periode 2013-2020. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (531kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (960kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (578kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB) | Request a copy

Abstract

Di pasar modal, terjadinya fluktuasi harga saham menjadikan bursa efek menarik bagi beberapa investor. Harga saham mencerminkan nilai dari suatu perusahan, sehingga kinerja perusahaan atau prestasi perusahaan harus baik. Agar kinerja perusahaan dinilai baik maka laba yang diperoleh perusahaan harus besar. Salah satu yang mempengaruhi besarnya laba perusahaan adalah hutang. Hutang tersebut dapat dianalisis dengan Current Ratio (CR) dan Debt to Equity Ratio (DER). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh atau tidak antara Current Ratio (CR) dan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Harga Saham baik secara parsial maupun simultan dengan menggunakan sampel pada perusahaan PT. Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk Periode 2013-2020. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif serta bersumber pada data sekunder, teknik yang digunakan yaitu purposive sampling sebanyak 8 tahun. Pengumpulan data menggunakan teknik studi kepustkaan dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi berganda dengan persamaan kuadrat terkecil dan uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan Uji-t dan Uji-f dengan signifikansi (α = 0,05). Penganalisaan data menggunakan bantuan aplikasi olah data IBM SPSS (Statistical Programme For Social Science) versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial Current Ratio (CR) tidak berpengaruh terhadap harga saham. Hal ini dapat terlihat dari hasil uji-t, dimana nilai thitung lebih kecil dari ttabel yaitu sebesar (-1,347 < 2,57058) dengan taraf signifikansi sebesar (0,228 > 0,05). Sementara Debt to Equity Ratio (DER) tidak berpengaruh terhadap harga saham. Hal ini dapat terlihat dari hasil uji-t dimana nilai thitung lebih kecil dari ttabel yaitu sebesar (-0,237 < 2,57058) dengan taraf signifikansinya sebesar (0,822 > 0,05). Secara simultan variabel Current Ratio (CR) dan Debt to Equity Ratio (DER) tidak berpengaruh terhadap harga saham. Hal ini dapat terlihat dari hasil uji-f (simultan) dimana nilai fhiitung lebih kecil dari ftabel sebesar (3,334 < 5,79) dan taraf signifikansinya sebesar (0,120 > 0,05). Dengan angka koefisien determinasi yang dihasilkan sebesar 0,571 yang berarti bahwa kemampuan model regresi untuk memprediksi adalah sebesar 57,1%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Current Ratio (CR); Debt to Equity Ratio (DER); Harga Saham
Subjects: Accounting > Education, Research of Accounting
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Sri Melinda
Date Deposited: 27 Sep 2022 02:11
Last Modified: 27 Sep 2022 02:11
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/58151

Actions (login required)

View Item View Item