Penentuan besaran nafkah istri dan anak pasca perceraian dengan implementasi Jurimetri: Analisis putusan pengadilan nomor 429/Pdt.g/2021/PA.blc

Basit, Kholik Abdul (2022) Penentuan besaran nafkah istri dan anak pasca perceraian dengan implementasi Jurimetri: Analisis putusan pengadilan nomor 429/Pdt.g/2021/PA.blc. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (737kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (924kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (438kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh konsekuensi hukum perceraian berakibat pada timbulnya kewajiban baru atas suami yang menjadi hak-hak bagi istri meliputi nafkah mut’ah, ‘iddah, kiswah, maskan dan juga nafkah anak. Sampai saat ini belum terdapat aturan khusus yang mengatur mengenai perhitungan besaran mut’ah, ‘iddah, dan nafkah anak yang diberikan suami pasca terjadinya perceraian kepada istrinya. Namun dalam kenyataanya majelis hakim Pengadilan Agama Batulicin dalam putusan Nomor 429.Pdt.G/2021/PA.Blc dengan hak ex-officionya menetapkan besaran nafkah istri dan anak dengan menerapkan metode jurimetri dalam perhitungannya. Tujuan dari penelitian ini, yaitu untuk mengetahui 1) Duduk perkara pada putusan Pengadilan Nomor 429/Pdt.G/2021/PA.Blc. 2) Pertimbangan hukum majelis Hakim dan metode yang digunakan dalam menentukan besaran nafkah istri dan anak. 3) Implementasi jurimetri dalam menghitung besaran nafkah ‘iddah, mut’ah dan nafkah anak. Kerangka teori dalam penelitian ini memakai teori keadilan dan teori jurimetri yang diterapkan dalam menentukan besaran nafkah istri dan anak dengan mempertimbangkan rasa keadilan dan kepatutan dengan menggali kemampuan ekonomi suami dan fakta kebutuhan dasar hidup istri dan anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif dengan pendekatan content analysis yaitu studi dokumen (putusan pengadilan), kepustakaan dan juga wawancara terhadap Hakim Pengadilan Agama Batulicin. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Duduk perkara pada putusan nomor 429/Pdt.G/2021/PA.Blc adalah perkara cerai talak diakibatkan nikah sirri suami tanpa sepengetahuan istri 2) Pertimbangan hakim dalam menentukan besaran nafkah istri dan anak berlandaskan pada asas kepatutan, kelayakan dan keadilan dengan melihat kemampuan finansial suami, dan kebutuhan dasar hidup istri dan anak. 3) Implementasi jurimetri dalam menghitung besaran nafkah mut’ah,’iddah dilakukan dengan menentukan variabel-variabel seperti indikasi ada tidaknya perbuatan nusyuz istri, lamanya usia perkawinan, kemampuan finansial suami dan fakta persidangan. Sedangkan dalam nafkah anak diterapkan dengan menentukan kebutuhan riil anak, kemampuan finansial ayah dan angka kelayakan hidup minimum.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Perceraian;nafkah istri dan anak;nafkah 'iddah;nafkah mut'ah;nafkah anak;jurimetri
Subjects: Library and Information Sciences
Law
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Literature
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Al-Ahwal Al-Syakhshiyah
Depositing User: Kholik Abdul Basit
Date Deposited: 28 Sep 2022 01:19
Last Modified: 28 Sep 2022 01:55
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/58106

Actions (login required)

View Item View Item