Pengembangan media pembelajaran Telematika pada aplikasi Telegram untuk meningkatkan kemampuan penalaran adaptif matematis siswa

Jabbar, Fikry Dzikrulloh Abdul (2022) Pengembangan media pembelajaran Telematika pada aplikasi Telegram untuk meningkatkan kemampuan penalaran adaptif matematis siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (641kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (821kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (938kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB) | Request a copy

Abstract

Masa pandemi COVID-19 membuat dunia pendidikan sadar bahwa pemanfaatan teknologi sangat bermanfaat dalam proses pembelajaran. Salah satu pemanfaatannya adalah dengan dibuatnya media pembelajaran yang bisa diakses melalui perangkat mobile seperti smartphone ataupun laptop. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: proses pengembangan dari media pembelajaran TELEMATIKA (Telegram Matematika) pada aplikasi Telegram, validitas media pembelajaran, praktikalitas media pembelajaran, keefektifan media pembelajaran, dan sikap siswa dalam menggunakan media dalam pembelajaran. Metode penelitian ini yaitu R&D dengan model 4-D yang dilaksanakan di MAN 2 Cianjur. Hasil penelitian menujukan: Media pembelajaran TELEMATIKA (Telegram Matematika) pada aplikasi Telegram dikembangkan melalui 4 tahap yaitu: Define (pendefinisian), Design (perancangan), Development (pengembangan), dan Disseminate (penyebarluasan). Media pembelajaran TELEMATIKA (Telegram Matematika) pada aplikasi Telegram layak digunakan berdasarkan penilaian: ahli media diperoleh persentase 75% (valid), ahli materi diperoleh persentase 84% (sangat valid). praktikalitas media pada uji coba skala besar diperoleh persentase 90% (Sangat praktis), keefektifan media pada skala besar diperoleh persentase 71% (efektif), dan sikap siswa dalam penggunaan media dalam pembelajaran diperoleh persentase 93% siswa memiliki sikap positif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran; TELEMATIKA; Telegram; 4-D
Subjects: Adult Education > Distance Education
Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Fikry Dzikrulloh Abdul Jabbar
Date Deposited: 26 Sep 2022 08:41
Last Modified: 26 Sep 2022 08:41
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/58066

Actions (login required)

View Item View Item