Implementasi strategi pembelajaran Peer Lesson terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis dan konsep diri siswa

Maulida, Thia (2022) Implementasi strategi pembelajaran Peer Lesson terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis dan konsep diri siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (525kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (454kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (938kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah perlunya peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa MTs Darul Muta’allimien yang dibuktikan dengan persentase jawaban benar siswa sebelum penelitian sebesar 28,90% berkategori rendah, serta rendahnya konsep diri yang dibuktikan dengan 8% siswa mendapat skor empat, 20% siswa mendapat skor tiga mendapat skor tiga, 36% siswa mendapat skor dua, dan sebesar 37% siswa mendapat skor satu. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui manakah rata-rata peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dan rata-rata peningkatan konsep diri siswa yang lebih tinggi antara siswa dengan implementasi strategi pembelajaran Peer Lesson dan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional (Ceramah) pada materi Statistika. Metode yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dengan desain The Pretest-Posttest Non-Equivalent Control Group, dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini yaitu sebanyak 48 siswa dengan dikategorikan menjadi dua kelas, 24 siswa kelas kontrol (VIIID) dan 24 siswa kelas eksperimen (VIIIC). Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah probability sampling yaitu simple random sampling. Hasil dari penelitian ini adalah (1) rata-rata peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan implementasi Strategi Pembelajaran Peer Lesson lebih tinggi daripada siswa dengan Pembelajaran Konvensional (Ceramah). (2) rata-rata peningkatan konsep diri siswa dengan implementasi Strategi Pembelajaran Peer Lesson lebih tinggi daripada siswa dengan Pembelajaran Konvensional (Ceramah). The background of this research is the need to increase the ability to understand mathematical concepts of MTs Darul Muta'allimien students as evidenced by the percentage of students' correct answers before the study of 28.90% in the low category, and low self-concept as evidenced by 8% of students getting a score of four, 20% students got a score of three got a score of three, 36% of students got a score of two, and 37% of students got a score of one. The purpose of this research is to find out which is the average increase in students' ability to understand mathematical concepts and the average increase in students' self-concepts that is higher between students with the implementation of Peer Lesson learning strategies and students who receive conventional learning (lectures) on Statistics material. The method used is a Quasi Experiment with The Pretest-Posttest Non-Equivalent Control Group design, with a quantitative approach. The sample in this study were 48 students categorized into two classes, 24 students in the control class (VIIID) and 24 students in the experimental class (VIIIC). The sampling technique used is probability sampling, namely simple random sampling. The results of this study are (1) the average increase in the ability to understand mathematical concepts of students with the implementation of Peer Lesson Learning Strategies is higher than students with conventional learning (lectures). (2) the average increase in students' self-concept with the implementation of the Peer Lesson Learning Strategy is higher than the students with Conventional Learning (lectures).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis; Konsep Diri; Strategi Pembelajaran Peer Lesson
Subjects: Education
Mathematics > Research Methods of Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Thia Maulida
Date Deposited: 26 Sep 2022 02:45
Last Modified: 26 Sep 2022 02:45
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/58049

Actions (login required)

View Item View Item