Tinjauan Siyasah Dusturiyah terhadap pelaksanaan peraturan Menteri sosial nomor 1 tahun 2018 tentang program Keluarga Harapan di desa Kompa Kecamatan Parungkuda Kabupaten Sukabumi

Nurfitriani, Indah (2022) Tinjauan Siyasah Dusturiyah terhadap pelaksanaan peraturan Menteri sosial nomor 1 tahun 2018 tentang program Keluarga Harapan di desa Kompa Kecamatan Parungkuda Kabupaten Sukabumi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (482kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (871kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh temuan data pra-penelitian yaitu adanya pernyataan dari pendamping PKH Desa Kompa yang menjelaskan terdapat fenomena kurang tepat sasaran pada penerima bantuan PKH di Desa Kompa seperti masyarakat yang sudah tergolong sejahtera maupun penerima bantuan PKH yang masih terdata sebagai penerima bantuan namun pada kenyataan nya telah dinyatakan meninggal. Hal ini membuat bantuan PKH yang ditetapkan menjadi kurang tepat sasaran dan dalam pasal 49 peraturan menteri sosial nomor 1 tahun 2018 tentang program keluarga harapan menetapkan bahwa tugas pendamping PKH salah satunya adalah memastikan bantuan sosial PKH diterima oleh penerima manfaat PKH tepat jumlah dan tepat sasaran. Penelitian ini bertujuan untuk: 1). Mengetahui Bagaimana Pelaksanaan Peraturan Menteri Sosial Nomor 1 Tahun 2018 Tentang Program Keluarga Harapan di Desa Kompa Kecamatan Parungkuda Kabupaten Sukabumi. 2). Mengetahui Strategi Pelaksanaan Program Keluarga Harapan di Desa Kompa 3). Menganalisis Tinjauan Siyasah Dusturiyah terhadap Strategi dan Pelaksanaan Program Keluarga Harapan di Desa Kompa. Teori dalam penelitian menggunakan Teori Negara Kesejahteraan ialah tanggung jawab negara dalam penjaminan kesejahteraan bagi rakyat, Teori Kemanfaatan Hukum dengan hukum memberikan suatu kebahagiaan, Teori Implementasi Kebijakan ialah cara agar kebijakan dapat tercapai pada tujuan nya dan Teori Siyasah Dusturiyah yaitu kajian siyasah mengenai peraturan perundang – undangan yang bersinggungan dengan kemaslahatan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif analisis dengan pendekatan studi kasus (case studies) yang memiliki kegunaan untuk menghimpun dan menganalisis sebuah data yang berkaitan dengan sebuah kasus, dalam persoalan kasus tersebut biasanya ditemui dengan penyebab seperti masalah, hambatan, kesulitan, dan penyimpangan. Hasil dari penelitian: 1). Pelaksanaan Peraturan Menteri Sosial Nomor 1 Tahun 2018 Tentang Program Keluarga Harapan di Desa Kompa telah sesuai dengan ketentuan dalam Peraturan Menteri hanya saja belum optimal terlaksanakan karena masih ditemukannya kendala – kendala dalam pelaksanaan salah satu nya seperti kurang tepat sasaran. 2). Strategi Pencapaian PKH di Desa Kompa dilakukan oleh pendamping PKH dengan melakukan penguatan pada pendekatan secara personal melalui edukasi untuk merubah pola pikir KPM PKH dan dilakukannya kegiatan P2K2. 3). Berdasarkan tinjauan siyasah dusturiyah strategi dan pelaksanaan PKH di Desa Kompa tentu nya membawa kemaslahatan dan sesuai kaidah “kemadaratan harus dihilangkan” dan telah sesuai dengan beberapa prinsip siyasah dusturiyah yaitu prinsip persamaan, keadilan, dan wewenang serta tanggung jawab.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan; Program Keluarga Harapan; Siyasah Dusturiyah;
Subjects: Political dan Government Science
Constitutional and Administrative Law > Constitutional Law of Indonesia
Social Welfare, Problems and Services
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Hukum Ketatanegaraan dan Politik Islam (Siyasah)
Depositing User: Indah Nurfitriani
Date Deposited: 28 Sep 2022 03:32
Last Modified: 28 Sep 2022 03:32
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/58041

Actions (login required)

View Item View Item