Pengaruh Current Ratio (CR) dan Debt To Assets Ratio (DAR) terhadap Return On Assets (ROA) pada Perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) : Studi di PT. Global Mediacom Tbk periode 2011-2020

Yuliasih, Ines Siti (2022) Pengaruh Current Ratio (CR) dan Debt To Assets Ratio (DAR) terhadap Return On Assets (ROA) pada Perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) : Studi di PT. Global Mediacom Tbk periode 2011-2020. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak (6).pdf

Download (571kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi (7).pdf

Download (423kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (383kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (715kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (542kB) | Request a copy

Abstract

Hutang merupakan bagian yang tidak dapat dihindari oleh perusahaan, setiap perusahaan sedikitnya memiliki hutang dalam usahanya. Untuk dapat meminimalisir risiko gagal bayar hutang, maka rasio yang dapat perusahaan gunakan yaitu rasio likuiditas dan solvabilitas. Perusahaan dapat menggunakan perhitungan current ratio untuk hutang jangka pendek atau hutang yang akan jatuh tempo, sedangkan perhitungan debt to assets ratio untuk perhitungan total hutang keseluruhan baik jangka pendek maupun jangka panjang. Penelitian ini dilakukan karena adanya fenomena ideal dan faktual, dimana ada ketidaksesuaian antara teori dan data laporan keuangan pada PT. Global Mediacom Tbk. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Current Ratio secara parsial terhadap Return On Assets, pengaruh Debt to Assets Ratio secara parsial terhadap Return On Assets, dan pengaruh Current Ratio dan Debt to Assets Ratio secara simultan terhadap Return On Assets pada PT. Global Mediacom Tbk periode 2011-2020. Kerangka pemikiran pada penelitian ini mengacu pada teori yang menyatakan bahwa Current Ratio berpengaruh negatif terhadap Return On Assets, dimana jika nilai Current Ratio naik maka nilai Return On Assets akan turun, begitupun dengan Debt to Assets Ratio berpengaruh negatif terhadap Return On Assets, sebaliknya jika nilai Current Ratio dan Debt to Assets Ratio mengalami penurunan maka nilai Return On Assets akan naik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif untuk memperkuat hasil perhitungan secara sistematis, menjelaskan hubungan antara variabel berdasarkan data numerik. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder perusahaan, yang tersedia untuk umum berupa rasio keuangan dalam annual report. Teknik analisis penelitian ini menggunakan pengujian regresi linier, korelasi, koefisien determinasi dan uji hipotesis yaitu uji t (parsial) dan uji f (simultan) serta diperkuat dengan perhitungan menggunakan SPSS v.26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Current Ratio secara parsial berpengaruh positif tidak signifikan terhadap Return On Assets, dengan nilai koefisien determinasi sebesar 35,4%. Debt to Assets Ratio secara parsial berpengaruh negatif signifikan, dengan nilai koefisien determinasi sebesar 42,11%. Sedangkan uji f (simultan) menunjukkan bahwa Current Ratio dan Debt to Assets Ratio berpengaruh tidak signifikan terhadap Return On Assets, dengan nilai koefisien determinasi sebesar 45,5%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Current Ratio (CR); Debt to Assets Ratio (DAR); Return On Assets (ROA)
Subjects: General Management
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Ines Siti Yuliasih
Date Deposited: 27 Sep 2022 04:23
Last Modified: 27 Sep 2022 04:23
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/58032

Actions (login required)

View Item View Item