Pesan syariah Islam dalam animasi Hafizh & Hafizah: Analisis isi pada kanal youTube Hafiz & Hafizah Playlist Animation Series

Anggraeni, Rantika (2022) Pesan syariah Islam dalam animasi Hafizh & Hafizah: Analisis isi pada kanal youTube Hafiz & Hafizah Playlist Animation Series. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
2_abstrak.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_Daftar Isi.pdf

Download (633kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (695kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (472kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB) | Request a copy

Abstract

Komunikasi melalui media teknologi merupakan alternatif proses penyampaian dakwah yang sangat efektif terlebih untuk anak-anak yang pada praktiknya dapat diterapkan pada visualisasi animasi yang sangat di gemari generasi anak-anak saat ini. Animasi merupakan tayangan yang paling diminati oleh anak-anak karena pada usia pertumbuhan dan perkembangannya, visualisasi animasi yang terlihat penuh warna, penuh gerakan, dengan berbagai macam suara dan musik dapat memenuhi kebutuhan otak kecil dan menarik perhatian dari anak-anak. Animasi Hafiz & Hafizah merupakan satu dari banyaknya film animasi anak-anak yang banyak memaparkan pesan keagamaan yang berkaitan dengan syariah Islam kepada para penonontonnya yang disajikan dalam narasi cerita dalam episode pada sebuah plasylist berjudul playlist animation series. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana identifikasi, klasifikasi serta imbauan pesan Syariah Islam yang terkandung dalam Animasi Hafiz & Hafizah dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui studi dokumentasi dan observasi. Serta menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode analisis isi kualitatif (Qualitative Content Analyis). Hasil dalam penelitian ini ditemukan berbagai pesan yang telah diidentifikasi melalui pengkategorian pesan dalam bidang akidah, akhlak dan syariah. Yakni yang teridentifikasi pesan syariah yang jumlahnya tidak begitu banyak dibandingkan dengan pesan akhlak dan pesan akidah menjadi nilai pesan yang masih sedikit pembahasannya dalam pemaparan konsep tersebut. Selain itu pesan syariah Islam yang terkandung dalam animasi ini terbagi dalam dua kategori melip uti aspek ibadah dan muamalah dalam bentuk pesan mengenai seruan ibadah Haji, syariat melakukan bersuci (thaharah) syariat pelaksanaan sholat, ketentuan shadaqah, dan beberapa pesan lainnya. Serta dalam bentuk pesan syariah tersebut tekandung berbagai imbauan meliputi imbauan rasional, ganjaran, motivasional, dan emosional.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Analisis isi; Animasi; Pesan Syariah Islam
Subjects: Islam > Da'wah
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Public Performances > Film Reviews
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: rantika anggraeni
Date Deposited: 03 Oct 2022 05:02
Last Modified: 06 Jan 2023 04:00
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/58027

Actions (login required)

View Item View Item