Peran Home Industri dalam memberdayakan ekonomi masyarakat: Studi kasus tentang pengusaha roti bakar di Kampung Mulyasari Desa Ciranca Kecamatan Malausma Kabupaten Majalengka

Gumilar, Agung (2022) Peran Home Industri dalam memberdayakan ekonomi masyarakat: Studi kasus tentang pengusaha roti bakar di Kampung Mulyasari Desa Ciranca Kecamatan Malausma Kabupaten Majalengka. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (242kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (29kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (30kB) | Request a copy

Abstract

Agung Gumilar. 1184040008. Peran Home Industry Dalam Memberdayakan Ekonomi Masyarakat (Studi Kasus tentang Pengusaha Roti Bakar di Kampung Mulyasari Desa Ciranca Kecamatan Malausma Kabupaten Majalengka). Pada mulanya penduduk Kampung Mulyasari mengalami krisis ekonomi yang mengakibatkan keterpurukan ekonomi. Untuk mengatasi hal tersebut, adalah dengan cara pemberdayaan masyarakat di bidang ekonomi, yaitu dengan membuka lapangan kerja. Usaha atau bisnis yang dilakukan di Kampung Mulyasari adalah usaha roti bakar yang terbukti memberikan peluang lapangan pekerjaan yang akhirnya bisa mempengaruhi perekonomian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tahapan dan hasil pemberdayaan masyarakat melalui pengusaha roti bakar di Kampung Mulyasari Desa Ciranca kecamatan Malausma Kabupaten Majalengka. Dengan rumusan masalah yang berfokus pada peran tahapan dan hasil pemberdayaan. Teori yang digunakan pada penelitian ini yaitu teori peran dan teori pemberdayaan. Menurut Torang (2014) yang menjelaskan bahwa peran diartikan sebagai tugas atau kewajiban seseorang dalam suatu usaha atau pekerjaan. Sedangkan teori pemberdayaan menurut Edi Suharto yang mengungkapkan bahwa pemberdayaan masyarakat sebagai sebuah proses dan tujuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif dan paradigma konstruktivisme. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pemberdayaan yang dilakukan Home Industry roti bakar dampak atau hasil yang dapat meningkatkan keberdayaan ekonomi karyawannya. Untuk melihat berhasil atau tidaknya, pemberdayaan berbasis ekonomi dapat dilihat dari Home Industry roti bakar dapat dilihat dari beberapa indikator diantaranya: Kebebasan Mobilitas, Kemampuan membeli komoditas kecil, kemampuan membeli komoditas besar, terlibat dalam pembuatan keputusan rumah tangga dan jaminan ekonomi dan kontribusi terhadap keluarga.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Home Industry; Masyarakat; Pengusaha; Pemberdayaan
Subjects: Communities > Socialist Communities
Econmics > Economic Situation and Conditions
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: agung gumilar
Date Deposited: 26 Sep 2022 05:49
Last Modified: 26 Sep 2022 05:49
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/58016

Actions (login required)

View Item View Item