Manajemen strategi Pondok Pesantren dalam membentuk santri yang berakhlakul Karimah : Studi deskriptif di Pondok Pesantren Attaqwa Putra Kabupatren Bekasi

Nurazijah, Nurazijah (2022) Manajemen strategi Pondok Pesantren dalam membentuk santri yang berakhlakul Karimah : Studi deskriptif di Pondok Pesantren Attaqwa Putra Kabupatren Bekasi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (450kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (659kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (794kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (927kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (64kB) | Request a copy

Abstract

Santri yang masuk ke pondok Pesantren memiliki latar belakang yang berbeda, salah satunya adalah karakter yang berbeda dari masing-masing santri, ada sebagian santri yang masuk ke pondok pesantren untuk memperbaiki akhlaknya ada juga orang tua yang menitipkan kepondok pesantren untuk mempertahan akhlak yang baik dari anaknya.Pondok Pesantren merupakan lembaga pendidikan Islam yang didalamnya mengajarkan ilmu tentang keislaman danilmu terapan seperti pembentukan akhlak. Seperti Pondok Pesantren Attaqwa Putra, Pondok Pesantren Attaqwa merupakan sebuah pondok pesantren yang mempunyai tujuan salah satunya yaitu menjadikan santrinya yang memiliki akhlakul karimah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana formulasi, implementasi, dan evaluasi Pondok Pesantren Attaqwa Putra untuk mencapai tujuan tersebut. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah manajemen strategi yang dikemukakan oleh Pearce dan Robinson yang mengungkapkan bahwa proses manajemen strategi itu melalui tiga tahapan yaitu Formulasi, Implementasi, dan evaluasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini melalui metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif agar penulis dapat mengetahui informasi dengan menggambarkan dan mendeskripsikan mengenai manajemen strategi yang di Pondok Pesantren Attaqwa Putra. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pondok Pesantren Attaqwa Putra merupakan sebuah pesantren modern yang menerapkan sistem manajemen strategi yang didalamnya terdapat proses formulasi strategi, formulasi yang dilakukan Pondok Pesantren Attaqwa Putra adalah dengan melakukan pengamatan dari lingkungan eksternal dan internal untuk mengonsep atau menentukan program dari visi, misi, tujuan dan menetapkan sasaran. Pada proses pengimplementasiannya Pondok Pesantren Attaqwa Putra menerapkan dalam kehidupan sehari 24 jam ketika santri berpapasan dengan guru, kakak kelas, dan teman sebaya maka harus saling sapa, saling tegur, dan bersalaman. Dan evaluasi yang dilakukan Pondok Pesantren Attaqwa Putra adalah dengan memantau kegiatan santri baik secara langsung maupun melalui pengurus Pondok Pesantren Attaqwa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: manajemen strategi; pondok pesantren; santri; akhlakul karimah
Subjects: Aqaid (Aqidah, Akidah) dan Ilmu Kalam
General Management > Planning and Strategic Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Nurazijah Nurazijah
Date Deposited: 27 Sep 2022 03:09
Last Modified: 27 Sep 2022 03:11
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/57972

Actions (login required)

View Item View Item