Optimalisasi arah pembangunan kepariwisataan berdasarkan arah pembangunan kepariwisataan peraturan daerah kabupaten Garut nomor 2 tahun 2019 perspektif Siyasah Maliyah : Studi Kasus di pantai Sayang Heulang kabupaten Garut

Nurbaeti, Lia Susi (2022) Optimalisasi arah pembangunan kepariwisataan berdasarkan arah pembangunan kepariwisataan peraturan daerah kabupaten Garut nomor 2 tahun 2019 perspektif Siyasah Maliyah : Studi Kasus di pantai Sayang Heulang kabupaten Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (450kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (477kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (916kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (539kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (661kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (354kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (472kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum optimalnya pengelolaan objek wisata Sayang Heulang dimana arah pembangunan pariwisata Sayang Heulang ini diorientasikan pada upaya-upaya pertumbuhan, peningkatan kesempatan kerja, pengurangan kemiskinan, pelestarian adat dan kebudayaan, serta pelestarian fungsi lingkungan hidup. Penyebab adanya permasalahan ini karena kurangnya partisipasi masyarakat dalam pengelolaan objek wisata, masyarakat setempat belum sepenuhnya memanfaatkan fasilitas-fasilitas yang sudah disediakan oleh pemerintah daerah. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui dan memahami pelaksanaan arah pembangunan kepariwisataan berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Garut Nomor 2 Tahun 2019 di pantai Sayang Heulang Kabupaten Garut. 2) Untuk mengetahui dan memahami optimalisasi arah pembangunan kepariwisataan daerah di pantai Sayang Heulang Kabupaten Garut. 3) Untuk mengetahui dan memahami tinjauan siyasah maliyah terhadap arah pembangunan kepariwisataan di pantai Sayang Heulang Kabupaten Garut. Dalam penelitian ini penulis menggunakan beberapa teori, diantaranya: teori kebijakan pariwisata, teori implementasi, dan teori siyasah maliyah. Kebijakan pariwisata merupakan peraturan yang yang berkaitan dengan perencanaan pembangunan kepariwisataan. Setelah adanya kebijakan, langkah selanjutnya adalah implementasi atau pelaksanaan. Kebijakan dan implementasi ini ditinjau dari siyasah maliyah yang dimana pengaturannya diorientasikan pada kemaslahatan rakyat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis dengan jenis penelitian kualitatif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan yuridis empiris, dengan melihat bagaimana implementasi hukum normatif dilingkungan masyarakat. Hasil dari penelitian: 1) Pelaksanaan arah pembangunan kepariwisataan di pantai Sayang Heulang Kabupaten Garut sudah dilaksanakan walaupun belum optimal yaitu sudah mengarah kepada peningkatan ekonomi masyarakat; pelestarian kebudayaan seperti hajat laut dan kesenian tradisional; pelestarian fungsi lingkungan hidup dilakukan dengan mengurangi persoalan sampah di objek wisata Sayang Heulang oleh Kompepar. 2) Optimalisasi arah pembangunan kepariwisataan ini dilakukan dengan menyediakan fasilitas fasilitas bagi masyarakat lokal, meningkatkan infrastrktur dan aksesibilitasi, promosi kebudayaan dan pariwisata, serta meningkatkan kualitas SDM masyarakat. 3) Dalam konsep Siyasah Maliyah peraturan yang dibuat diorientasikan untuk menciptakan kesejahteraan atau kemaslahatn umat, sehingga apabila arah pembangunan kepariwisataan ini ditinjau dari siyasah Maliyah dilihat dari kaidah dan prinsipnya dapat dikatakan sudah sesuai dengan siyasah maliyah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: kepariwisataan; implementasi; siyasah maliyah; kesejahteraan;
Subjects: Constitutional and Administrative Law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Hukum Ketatanegaraan dan Politik Islam (Siyasah)
Depositing User: Lia Susi Nurbaeti
Date Deposited: 28 Sep 2022 03:38
Last Modified: 28 Sep 2022 03:38
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/57960

Actions (login required)

View Item View Item