Pengembangan modul berbasis etnomatematika terhadap kreativitas matematis dan Self Regulated Learning siswa pada materi barisan dan deret

Hardiyanti, Thia Amelia (2022) Pengembangan modul berbasis etnomatematika terhadap kreativitas matematis dan Self Regulated Learning siswa pada materi barisan dan deret. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.docx.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (417kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (657kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.docx.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (577kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.docx.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.docx.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui proses pengembangan modul berbasis etnomatematika nada angklung modern (2)mengetahui kelayakan modul (3)mengetahui self regulated learning siswa setelah menggunakan modul. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development (RnD) alur Borg and Gall. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan soal tes. Sementara teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) peroses pengembangan dilakukan melalui tujuh tahap yaitu: penelitian dan pengumpulan informasi awal, perencanaan pembuatan modul, pengembangan modul awal, uji coba awal, revisi desain, uji coba produk (skala besar), revisi produk akhir; (2) pengujian kelayakan dari ahli media sebesar 92,11%, ahli materi 1 sebesar 93,42%, ahli materi 2 sebesar 90,79%, ahli seni sebesar 100%, serta penilaian respon siswa sebesar 88,47%. Semua penilaian termasuk kepada kategori sangat valid. Kemudian uji coba produk dilakukan tes efektivitas dengan uji coba skala besar dan memperoleh persentase 77,42% dengan kriteria sangat efektif; (3) Tingkat self regulated learning siswa pada pembelajaran matematika setelah menggunakan modul berada pada persentase 72,29% yang termasuk ke dalam kategori tingkat sedang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Modul; Etnomatematika; Kreativitas Matematis; Self Regulated Learning
Subjects: Applied mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Thia Amelia Hardiyanti
Date Deposited: 26 Sep 2022 02:13
Last Modified: 26 Sep 2022 02:13
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/57950

Actions (login required)

View Item View Item